Headlines
Loading...
Warga Malifut antusias Hadiri Silaturahmi Perdamaian Yang Diinisiasi Oleh Sahril Tahir

Warga Malifut antusias Hadiri Silaturahmi Perdamaian Yang Diinisiasi Oleh Sahril Tahir

Halmahera Utara, Zonapostindonesia.com- Ketidak nyamanan dan ketidak ketentraman yang terjadi di Kecamatan Malifut Kabupaten Halmahera Utara (Halut) akibat tawuran yang dilakukan oleh kelompok pemuda setempat telah berakhir.

Hal ini ditandai dengan antusias warga Desa di kecamatan Malifut Halmahera Utara yang berbondong-bondong menghadiri acara silaturahmi perdamaian di kecamatan Malifut, Sabtu (23/07/2022)

Dibalik Keramaian warga malifut yang memenuhi tempat acara itu, terlihat sesuatu yang sangat membuat haru para warga karena kehadiran Bapak Sahril Tahir Wakil Tetua (Waka) 2 DPRD Provinsi Maluku Utara yang merupakan inisiator perdamaian tersebut.

Kepada awak media, Sahril Tahir mengungkapkan bahwa dirinya berinisiasi lakukan agenda temu warga atau silaturahmi guna mempererat kekerabatan warga malifut.

"Saya melakukan hal ini karena memiliki hati yang tulus untuk bisa mempersatukan kembali tali silaturahmi yang telah di bangun oleh para orang tua kami di malifut sejak tahun 70-an lalu," ungkap DPRD Provinsi 2 periode itu pada awak media usai kegiatan silaturahmi.

Lebih lanjut, Ia meminta warga malifut untuk mengingat kembali sejarah awal kehadiran orang makian di tanah malifut dan disambut baik oleh orang asli di tanah malifut ini.

"Di zaman orang makian pertama kali datang di malifut itu sangat di terima baik oleh orang wangeotak bahkan mereka menjalin kekerabatan dengan orang makian, Jadi kalau generasi sekarang tidak menjaga kekerabatan itu berarti secara tidak langsung kita telah mengkhianatinya kekerabatan yang telah di bangun puluhan tahun lalau," tegasnya

Terpisah, masi di tempat yang sama, Ketua Forum Kepala Desa (Kades) Se-Kecamatan Malifut, Rafik Basyarun mengapresiasi langkah Sahril Tahir yang telah menginisiasi acara silaturahmi perdamaian tersebut.

"Mewakili seluruh Kades se-Kecamatan mengucapkan banyak terima kasih atas apa yang telah dilakukan oleh bapak Sahril karena telah membuat masyarakat kami bisa berdamai dan juga kami yakin tanpa beliau kekacauan pasti belum usai," ujar Kepala Desa Tahane itu.

Untuk diketahui, selain kegiatan silaturahmi perdamaian itu, Waka 2 DPRD Malut, Sahril Tahir memberikan sebuah mobil ambulance sebagai hadiah perdamaian warga kecamatan malifut.

PEWARTA: WH

0 Comments: