Headlines
Loading...
SMK NU 02 dan SMP NU 10 Bondowoso, Lakukan MPLS Secara Bersama

SMK NU 02 dan SMP NU 10 Bondowoso, Lakukan MPLS Secara Bersama

BONDOWOSO, Zonapostindonesia.com - MPLS atau Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah merupakan kegiatan pertama yang diadakan oleh sekolah pada peserta didik baru untuk pengenalan program, sarana dan prasarana sekolah, cara belajar yang efektif, penanaman konsep pengenalan diri dan pembinaan awal kultur sekolah.

Di setiap lembaga pendidikan, baik negeri maupun swasta hal ini sudah menjadi kegiatan wajib setiap awal tahun ajaran baru, begitu pula SMK NU 02 Bondowoso yang berada di desa Pecalongan Kecamatan Sukosari juga turut melaksanakan MPLS selama 3 hari dimulai sejak hari selasa hingga kamis (19-21 Juli 2022).

Kegiatan MPLS di SMK NU 02 Bondowoso itu dilaksanakan secara gabungan bersama SMP NU 10 Bondowoso yang memang sama sama berada di bawah naungan Yayasan Ibnu Tholib Al- Anwar Pecalongan Sukosari.

Kepala SMK NU 02 Bondowoso, Syarifatus Sofia, S.Pd., menyampaikan, sesuai dengan Permendikbud No 18 Tahun 2016 bahwa  penyelenggaraan MPLS di sekolah wajib melakukan kegiatan yang bermanfaat,bersifat edukatif, kreatif dan menyenangkan.

“SMK NU 02 dan SMP NU 10 Bondowoso juga turut mendatangkan tutor atau pemateri dari luar. Diantaranya dari BKKBN sebagai Pemateri Pencegahan pernikahan dini, Kesadaran berbangsa dan bernegara yang diisi oleh Polsek Sukosari dan juga materi PBB oleh Koramil Sukosari.” jelasnya

Ia menambahkan, “Tak hanya itu, mengacu pada Pedoman MPLS yang diterbitkan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jawa timur. SMK NU 02 bersama SMP NU 10 Bondowoso juga menerapkan konsep masa pengenalan lingkungan sekolah yang mengutamakan penghargaan bukan hukuman (Reward No Punishment).” tambahnya

Hal ini tercermin saat akhir pelaksanaan MPLS, pihak panitia memberikan penghargaan atau hadiah kepada para peserta yang memenuhi kategori sebagai pemenang lomba pada saat kegiatan outbound.

Di akhir kegiatan, Sekolah yang berada di Yayasan Pendidikan yang diasuh oleh Ustad Fauzi Wafa itu kemudian mengadakan acara istighotsah dan do'a bersama.

Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar dan khidmat, terlebih saat apel penutupan MPLS suasana semakin terasa meriah dengan adanya api unggun yang mampu menghangatkan dinginnya malam pada saat puncak acara ikrar janji siswa.

PEWARTA: MOCH. QUSAYERI

0 Comments: