Headlines
Loading...
Diduga Proyek P3A Sawah Lega, Menggunakan Batu Yang Ada Di Lokasi, Pondasi Pun Tak Digali

Diduga Proyek P3A Sawah Lega, Menggunakan Batu Yang Ada Di Lokasi, Pondasi Pun Tak Digali

BOGOR, Zonapostindonesia.com - Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) adalah program perbaikan, rehabilitasi atau peningkatan jaringan irigasi dengan berbasis peran serta masyarakat petani yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Petani Pemakai Air (P3A), Gabungan Perkumpulan Petani Pemakai Air (GP3A) atau Induk Perkumpulan Petani Pemakai Air (IP3A).

Tujuan P3-TGAI dilaksanakan untuk mendukung kedaulatan pangan nasional sebagai perwujudan kemandirian ekonomi dengan menggerakan sector strategis ekonomi domestik sebagaimana termuat dalam program nawa cita ke tujuh melalui pemberdayaan masyarakat petani dalam perbaikan jaringan irigasi, rehabilitasi jaringan irigasi dan peningkatan jaringan irigasi secara partisipatif di wilayah pedesaan.

Namun sangat disayangkan fakta yang ada di lapangan berbeda, diduga pekerjaan yang ada di Sawah Lega Desa Sukaharja Kecamatan Cijeruk Kabupaten Bogor, ditemukan beberapa pekerja bukan dari warga setempat.

Terlebih lagi batu yang digunakan diduga memakai batu yang ada di tempat sekitar persawahan serta pondasian tidak digali. Hal tersebut terlihat saat awak media melakukan sosial control ke lokasi, Rabu (27/7/2022).

Salah satu pekerja di lokasi proyek tersebut ketika ditanya oleh awak media tentang kelompok tani, ia mengatakan tidak tahu tentang kelompok tani dan batu yang digunakan adalah batu dari sekitar persawahan.

"Kelompok tani apanya, saya mah orang Leuwiliang ngerjain ini pak. Untuk batu kita gunakan yang ada di sekitar persawahan, karena kalau beli mah bawanya jauh,” ucap salah satu pekerja,

Heri selaku Ketua P3A Sawah Lega saat dikonfirmasi tentang batu pondasi yang digunakan, melalui telepon seluler, ia mengatakan hal itu dilakukan untuk memanfaatkan yang ada.

“Batu diambilkan di sekitar lokasi untuk memanfaatkan yang ada, dan untuk tenaga ahli dari warga sekitar ada 4 orang dan lainnya dari wilayah lain, ini dilakukan agar lebih baik hasilnya karena tenaga yang hanya modal bisa berbeda dengan tenaga yang memang sudah ahli.” Jelasnya (Wandi)

0 Comments: