Headlines
Loading...
Pemerintah Desa Gunung Malang Terus Berupaya Meningkatkan Taraf Hidup Petani, Kali Ini Melalui Program P3TGAI

Pemerintah Desa Gunung Malang Terus Berupaya Meningkatkan Taraf Hidup Petani, Kali Ini Melalui Program P3TGAI

SITUBONDO, Zonapostindonesia.com - Dalam rangka meningkatkan taraf hidup terutama para petani, Pemerintah melalui program padat karya P3TGAI (Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi) telah menggelontorkan dana yang bersumber dari APBN untuk pembangunan saluran air yang mengaliri persawahan dengan tujuan untuk memudahkan petani dalam bercocok tanam sehingga dapat meningkatkan hasil pertanian.

Sesuai dengan teknis, proyek ini dikerjakan secara padat karya. Program P3TGAI melalui Dirjen Sumber Daya Air Kementerian PUPR, Balai Besar Wilayah Sungai Brantas menerapkan pengerjaannya secara swakelola murni dengan maksud untuk menyerap tenaga kerja sekitar penerima manfaat yang memerlukan penghasilan tambahan.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Desa penerima manfaat yang salah satunya adalah Desa Gunung Malang Kecamatan Suboh. Kepala Desa Gunung Malang Aryono mengungkapkan bahwa dengan adanya program P3TGAI ini sangat membantu para petani Desa Gunung Malang, karena awalnya aliran irigasi yang kurang lancar menjadi lebih tertata rapi dan alirannya menjadi lebih lancar.

“Kami sangat berterima kasih kepada Sumail sebagai Dewan Pusat dari Partai Gerindra dan juga kepada inspirator yang sudah membantu para petani, khususnya Desa Gunung Malang melalui program P3TGAI ini. Dengan adanya bantuan program ini, aliran irigasi yang menuju ke persawahan menjadi lebih baik dan lancar. Selain itu dengan program P3TGAI ini bisa mengurangi angka pengangguran karena dilaksanakan secara swakelola,” ungkap Aryono

Dari pantauan awak media, hasil pengerjaan program P3TGAI ini hasilnya sangat memuaskan, yang tentunya sudah sesuai dengan RAB dan SPEC yang sudah ditentukan dari Balai Besar Sungai Brantas.

“Semoga program P3TGAI ini terus berlanjut di tahun depan, agar saluran irigasi yang mengarah ke persawahan lebih baik dan lancar, dan tentunya akan menambah hasil panen yang lebih baik lagi," harap Kades Gunung Malang

PEWARTA: SP

0 Comments: