Headlines
Loading...
Pasca Dilantik, HMASKI Kauman Adakan Ngaji Organisasi dan Rapat Kerja

Pasca Dilantik, HMASKI Kauman Adakan Ngaji Organisasi dan Rapat Kerja

BONDOWOSO, Zonapostindonesia.com - Harokah Mahasiswa Alumni Santri Kunuzul Imam (HMASKI) Kauman kembali melakukan raker dengan bingkaian yang berbeda. Kini acara tersebut juga dikemas dengan Ngaji Organisasi sebagai tambahan wawasan santri alumni dalam bergerak.

Acara yang dihadiri kurang lebih 50 orang tersebut baik dari Pengurus HMASKI, OSIS SMP dan MA Kunuzul Imam Kauman. Bertempat di Aula Asrama 1 Ponpes Kunuzul Imam Kauman Bondowoso. Jum'at Malam, (09/06/2022).

Ketua Umum HMASKI, Muhammad Horif mengatakan bahwa sebagai organisasi alumni Ponpes Kunuzul Imam Kauman dirinya tidak hanya ingin muncul dipermukaan lalu tenggelam. Keinginan terbesarnya adalah konsistensi dan istikamah dalam setiap kegiatan, dan menjalankan setiap programnya kedepan.

“Tentu, saya tidak akan berjalan sendiri, tapi bisa berkolaborasi dengan lembaga intern pondok, baik itu dengan lembaga SMP, MA atau berkolaborasi dan berperan langsung dalam setiap kegiatan Pondok Pesantren. Dan insyaallah HMASKI siap kapanpun ketika terpanggil,” kata Horif.

Lebih lanjut, ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini juga dilaksanakan guna memantapkan kepengurusan secara umum serta ajang pengkaderan bagi santri yang menjadi pengurus fokus, OSIS dan OSIM di Pesantren.

“Kegiatan ini juga sebagai bukti bahwa HMASKI bukan hanya organisasi yang la yahya wala yamut,” tambahnya. 

Disisi lain, Ketua Ikatan Alumni Santri Kauman (IASKA) Pusat, Gus Nuril Anwar dalam sambutannya berpesan bahwa menjadi seorang organisator sebenarnya tidak lepas dan harus dimiliki sepenuhnya sebagaimana yang ada dalam sifat wajib Rasul. Sebab, Nabi Muhammad merupakan sang organisatoris sejati panutan dan tauladan umat. 

“Setidaknya empat yang harus dimiliki oleh seorang organisatoris. Empat hal itu adalah sifat siddiq, amanah, tabligh, dan fathanah. Sehingga, keempat hal ini harus dimiliki agar seorang organisatoris agar tidak hanya cerdik secara pengetahuan, namun kuat secara mental pula,” ujarnya.

Selanjutnya, Pemateri Ngaji Organisasi, Dr. Suheri, M.Pd.I menyampaikan bahwa organisasi harus punya landasan dari apa yang dihasilkan melalui Rapat Kerja tersebut.

“Organisasi harus punya payung hukum dan tau arah kedepannya mau dibuat seperti apa dan dibawa kemana,” kata Suheri yang juga Alumni Ponpes Kunuzul Imam Kauman Bondowoso tersebut.

Menurutnya, ketika landasan dan payung hukum itu ada tentu arahnya harus disesuaikan dengan visi dan misi organisasi.

“Maka, HMASKI sebagai organisasi alumni Ponpes Kunuzul Imam Kauman harus punya misi dan misi yang jelas serta suplay dana organisasi harus mandiri dengan kreasi alumni. Agar tidak mati ditengah jalan,” tandasnya Ketua STAI At-Taqwa Bondowoso tersebut.

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut, Ustad Zainul Hadi (Dewan Pakar Pembina HMASKI), segenap jajaran pengurus IASKA Pusat, OSIS SMP dan OSIM MA Kunuzul Imam Kauman dan segenap jajaran pengurus HMASKI.

PEWARTA: IMRON RASYIDI

0 Comments: