Headlines
Loading...
Kian Hari Kasus PMK Di Kabupaten Situbondo Semakin Meningkat

Kian Hari Kasus PMK Di Kabupaten Situbondo Semakin Meningkat

SITUBONDO, Zonapostindonesia.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Situbondo,  Pemerintah Kabupaten Situbondo, dalam hal ini Dinas Peternakan dan Perikanan, segera menggunakan dana BTT,  pasalnya kian hari kasus PMK di Kabupaten Situbondo semakin meningkat.

Bashori Shanhaji, salah seorang anggota Fraksi PKB DPRD Situbondo mengatakan, kasus PMK  di Kabupaten Situbondo sudah mewabah, pihaknya mendesak Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) Kabupaten Situbondo, untuk bertindak cepat menangani wabah PMK ini.

“Mengingat, wabah PMK ini sudah meresahkan para peternak, seperti yang terjadi di Desa Trebungan Kecamatan Mlandingan, tercatat 6 ekor sapi mati dengan gejala mirip PMK, 27 ekor sapi diduga terinfeksi PMK,” kata Bashori Shanhaji, Minggu (12/6/2022).

Menurut dia, jika PMK sudah mewabah dan menyebar pada 13 kecamatan di Kabupaten Situbondo berarti ini sudah parah dan masuk zona merah.

Dirinya berharap Disnakkan Situbondo untuk menggunakan Dana Tanggap Darurat atau Bantuan Tak Terduga (BTT) untuk melakukan penanganan wabah PMK tersebut, tinggal hanya menggunakan Surat Keputusan (SK) Bupati Situbondo.

Sebab jika pihak dinas menunggu anggaran dari Perubahan Anggaran Keuangan (PAK), maka penanganan wabah ini akan tambah meluas dan tidak akan  kunjung selesai. “Jika masih menunggu anggaran PAK Tahun 2022, untuk melakukan penanganan wabah PMK di Situbondo, saya yakin akan banyak hewan ternak mati akibat PMK,” bebernya.

Lebih jauh mantan ketua DPRD Situbondo menegaskan, khusus untuk kasus enam ekor sapi yang mati dalam waktu bersamaan di Desa Tribungan, dengan gejala mirip PMK, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Plt Kepala Disnakkan Situbondo.

Ironisnya, sebanyak 6 ekor sapi yang mati itu, tersebar pada empat dusun di Desa Trebungan, Kecamatan Mlandingan, Situbondo. Rinciannya, Dusun Barat Ledeng 2 ekor, Karang Taman 1 ekor, Trebungan Timur 1 ekor, sedangkan Dusun Trebungan Timur sebanyak  2 ekor sapi.

Selain itu, sebanyak 27 ekor sapi di Desa Tribungan, Kecamatan Mlandingan, yang  tersebar pada empat dusun juga diduga terinfeksi PMK, dengan rincian, Dusun Tribungan Barat 5 ekor, Barat Ledeng 10 ekor, Krajan 10 ekor, sedangkan di Dusun Tribungan Timur sebanyak 2 ekor sapi.

“Sesuai informasi, pada hari ini juga ( Minggu red-) petugas Disnakan Situbondo akan turun langsung ke Desa Tribungan untuk mengecek keberadaan sapi yang terpapar,” pungkasnya.

PEWARTA: SP

0 Comments: