Headlines
Loading...
Inspektorat Kabupaten Bogor, Lakukan Audit BLT-DD di Desa Cimande Kecamatan Caringin

Inspektorat Kabupaten Bogor, Lakukan Audit BLT-DD di Desa Cimande Kecamatan Caringin

BOGOR, Zonapostindonesia.com – Inspektorat Kabupaten Bogor turun langsung ke Desa Cimande Jaya. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa 198 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sudah menerima BLT- DD tahun 2021 dan 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh Sekretaris Camat, Kasi Pemerintahan dan Kasi Ekbang Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor. Selasa, (21/06/2022)

Dalam pertemuan tersebut, Inspektorat Kabupaten Bogor menanyakan langsung kepada warga KPM tentang kendala yang dihadapi terkait pengelolaan dana desa yang digunakan untuk bantuan langsung tunai (BLT-DD).

Hal tersebut menjadi topik bahasan dalam diskusi pada kegiatan monitoring dan evaluasi Penerimaan dan Penyaluran Dana Desa yang berlangsung di Aula Desa Cimande Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor. Sehingga diharapkan dapat menjadi evaluasi dan perbaikan di masa mendatang.

Salah satu warga yang enggan disebut namanya menjelaskan, kedatangan Inspektorat Kabupaten Bogor menanyakan tentang penerimaan BLT- DD dan bantuan lain seperti PKH dan BPNT.

“Kunjungan inspektorat menanyakan kepada kami selaku KPM tentang penerimaan BLT DD yang disalurkan oleh Desa Cimande jaya benar apa tidak. ini dilakukan untuk meyakinkan bahwa penyaluran BLT-DD benar-benar disalurkan kepada masyarakat Desa Cimande pada tahun 2021 dan 2022.” jelasnya

Selain itu Bu Icih, salah satu KPM menambahkan, dirinya sudah pernah mendapatkan BLT-DD pada tahun 2021 dan 2022.

“Alhamdulillah, saya sudah mendapatkan bantuan BLT-DD pada tahun 2021 sebesar Rp. 300.000,- (tiga ratus ribu rupiah) selama satu tahun dan pada tahun 2022 saya juga mendapatkan bantuan BLT-DD dari Desa Cimande.” ucapnya.

Jaya Topik Bahrudin, selaku kepala Desa Cimande mengatakan, kedatangan Inspektorat dari Kabupaten Bogor untuk melakukan audit bantuan BLT- DD yang telah disalurkan pada TA 2021/ TA 2022 dan mengecek pembangunan yang telah terealisasikan seperti pembangunan fisik Samisade di KP Nanggoh RT. 004/ RW. 002.

“Audit ini dilakukan setiap tahun kepada 12 Desa di Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor, dan hari ini Inspektorat langsung bertemu dan diskusi dengan warga Cimande yang menerima BLT-DD dalam penerimaan dan penyaluran dana desa.” tuturnya

Usai diskusi di Aula Desa Cimande, Inspektorat langsung menuju lokasi pembangunan fisik Samisade yang berada di KP Nanggoh RT. 004/ RW. 002 Desa Caringin Jaya Kecamatan Caringin, didampingi oleh Sekretaris Camat L.Rivaldi bersama Staf Desa dan TPK.

PEWARTA: WANDI

0 Comments: