Headlines
Loading...
Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, Lakukan  Monev P3-TGAI di 84 Titik Kabupaten Situbondo

Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas, Lakukan Monev P3-TGAI di 84 Titik Kabupaten Situbondo

SITUBONDO, Zonapostindonesia.com - Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Brantas melakukan monitoring dan evaluasi (monev) di beberapa titik yakni 84 yang terdiri 16 kecamatan se Kabupaten Situbondo, Jawa Timur. Pekerjaan padat karya Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3-TGAI) jenis kegiatan irigasi jaringan irigasi tersier. Selasa, (21/06/2022)

Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi ( P3-TGAI) yang dicanangkan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Brantas Jawa Timur Bidang Operasi dan Pemeliharaan Sumber Daya Air II.

Wahyu Edi Nugroho, ST Ketua Tim Monitoring P3 TGAI BBWS Brantas Jatim yang merupakan leading sektornya Kementerian PUPR menjelaskan saat melakukan monev di lokasi Panji Lor, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo.

“Utamanya, program ini sifatnya kegiatan padat karya yang melibatkan semua elemen masyarakat. Tujuannya meningkatkan taraf hidup ekonomi masyarakat baik secara langsung maupun tidak langsung. Secara langsungnya perekrutan tenaga kerja dan secara tidak langsung saluran irigasi menjadi lebih baik untuk mengairi area persawahan lebih maksimal.” ungkapnya.

Ia mengaku, “Khusus untuk Kabupaten Situbondo, Jawa Timur saat tim kami melakukan monev di beberapa titik secara keseluruhan di atas rata-rata dan sesuai dengan Spesifikasi dan RAB yang dibuat.” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Desa Panji Lor H. Achmad Bukhori juga menyampaikan, “Kegiatan P3 TGAI di Desa kami sangatlah bermanfaat bagi lahan pertanian. Lantaran saluran irigasi dapat meminimalisir air yang merembes dan dapat mengairi sawah dengan maksimal kurang lebih 20 Hektar yang dapat manfaatnya.” jelasnya.

Ia berharap, “Kalaupun ada program padat karya lagi, desa kami masih membutuhkan dan selalu siap, karena petani sangatlah merespon dengan baik dan sangat berterimakasih.” harapnya

Kemudian Tim Monitoring dan Evaluasi BBWS Brantas Jatim melanjutkan perjalanannya ke Desa Juglangan, Kecamatan Panji, Kabupaten Situbondo dan disambut baik oleh para petani dan Kades Juglangan, Subagyo atau lebih dikenal dengan sebutan SBY.

Dalam kesempatan itu, SBY mengatakan kepada awak media bahwasannya, Program P3 TGAI Desa Juglangan sangatlah bermanfaat khususnya bagi petani.

“Kami atas nama pemerintah desa Juglangan dan petani mengucapkan terima kasih atas adanya program ini. Saya senang sekali, bahkan para petani sudi memberikan tanda terima kasih kepada pekerja dengan sekedar memberikan hasil panen bahkan memberikan rokok serta camilan kepada pekerja.” ungkapnya

Petani setempat Pak Andi juga mengatakan, “Terima kasih kepada Pak Sumail Anggota DPR RI Pusat Partai Gerindra yang melalui aspiratornya sudah memberikan program yang bermanfaat bagi petani di desa kami. Bilamana ada program lanjutan yang melalui Pak Sumail kami sangatlah senang sekali.” harapnya.

PEWARTA: SP

0 Comments: