Headlines
Loading...
Dr. Togar Situmorang: Polisi Harus Tegas Menangani Oknum Preman Yang Meresahkan Masyarakat

Dr. Togar Situmorang: Polisi Harus Tegas Menangani Oknum Preman Yang Meresahkan Masyarakat

ROTE NDAO, Zonapostindonesia.com - Pimpinan Umum media lokal mendesak polisi untuk segera menangkap dua (2) oknum preman yang diduga telah mengancam salah satu wartawannya di Kabupaten Rote Ndao.

Dan dalam KUHP pelaku dapat dijerat pasal pengancaman yaitu Pasal 369 ayat 1 serta ancaman pidana penjara paling lama 4 tahun.

Dalam Kasus dugaan pengancaman tersebut telah dilaporkan ke Polsek Rote Timur dengan nomor STLP / 28 / V /2022/ SPKT/Sek Rotim/Polres Rote Ndao /Polda NTT.

Advokat dan Kebijakan Publik Dr. Togar Situmorang, SH, MH,. MAP,. CMed,. CLA sangat prihatin atas pengancaman kepada seorang Wartawan Metro Buana News (MBN) Mekris Ruy, karena mereka para wartawan dalam menjalankan tugas dilindungi oleh UU NOMOR 40 Tahun 1999 Tentang Pers dan UU Pers tersebut melindungi wartawan sebagai pelaksana jurnalistik maupun hal yang menjadi subjek dan objek pemberitaan.

Kalo Preman tidak dilindungi oleh Undang Undang dan kalau preman sudah melakukan kejahatan, apalagi pengancaman dan telah resmi dilaporkan kepihak polisi maka wajib polisi untuk segera menangkap para pelaku dan poses secara hukum, dan bila tidak diproses bahkan dilakukan penangkapan maka jelas negara dalam keadaan bahaya.” tegas Dr. Togar Situmorang

Advokat Dr. Togar Situmorang menjelaskan dalam Pasal 8 UU Pers wartawan wajib dilindungi dalam menjalankan profesi dan Perlindungan terhadap Wartawan ada dalam Pasal 4 UU Pers jadi tidak ada alasan pihak Polisi harus segera memproses demi ketentraman dan ketertiban juga keamanan masyarakat umum agar tidak gampang diintimidasi oleh preman.

Dr. Togar Situmorang meminta agar tidak pandang bulu sesuai perintah Kapolri kepada jajaran Polda, Polres dan Polsek se Indonesia agar jangan dikasih ruang untuk para preman yang meresahkan masyarakat dan berharap polisi secara profesional menangani kasus ini agar memberikan efek jera bagi para pelaku.

Pengancaman itu perbuatan pidana dan Polisi dapat bertindak secara profesional dalam penanganan kasus ini serta ditangkap demi memberi rasa aman bagi para pekerja pers di Kabupaten Rote Ndao,” tutup Pemilik Law Firm DR. Togar Situmorang, SH,MH MAP, CMED, CLA di Jl. Raya Gumecik Gg Melati No.8, By Pass Prof. IB Mantra Ketewel atau Kantor Jakarta di Jl. Pejaten Raya No. 78, Rt6:Rw5 Pejaten Barat, Ps Minggu.

PEWARTA: DANCE HENUKH

0 Comments: