Headlines
Loading...
Dalam Khotbah Idhul Fitrinya, Ustad Kholil Mengajak Jamaah Untuk Saling Memaafkan

Dalam Khotbah Idhul Fitrinya, Ustad Kholil Mengajak Jamaah Untuk Saling Memaafkan

BANYUWANGI, Zonapostindonesia.com - Antusias masyarakat dalam melaksanakan shalat Idhul Fitri 1443 Hijriyah di masjid Darul Ridwan dusun Corah Sawo desa Sidodadi Wongsorejo Banyuwangi patut diapresiasi. Pelaksanaan shalat Idhul Fitri 1443 Hijriyah tersebut diikuti jamaah laki laki dan jamaah perempuan. Shalat Idhul Fitri kali ini berjalan dengan sangat ramai dan khusu' karena tahun ini dilaksanakan dalam suasana pelonggaran pandemi covid 19. Bertindak selaku imam shalat Idhul Fitri ustad Kholil dan bertindak selaku Bilal Hasan. Senin, (02/05/2022).

Ustad Kholil dalam khotbahnya mengajak untuk membuka pintu maaf dan meminta maaf dengan ikhlas agar mendapat syafaat beliau nabi Muhammad Saw. Ustad Kholil pun mengisahkan cerita saat nabi Muhammad Saw melakukan isro' mi'roj ditunjukkan oleh Allah Swt. ada dua orang alim taat beribadah yaitu si A dan si B.

Salah satu dari dua orang itu si A mensomasi Allah Swt karena memasukkan temannya ke surga dan mempertanyakan keputusan Allah Swt itu. Allah Swt  pun balik bertanya  kenapa kamu bertanya begitu ya si A. Dia layak masuk surga karena dia ahli ibadah dan 'alim.

Saya suka padanya, lalu si A pun menjelaskan kalau si B itu memiliki salah padanya dan belum minta maaf, maka si B harus masuk neraka dulu. Kemudian Allah  Swt bertanya pada si B apa benar kamu melakukan kesalahan pada si A. Si B pun menjawab iya tapi sedikit. Sekarang kamu minta maaf pada si A lalu si B minta maaf pada si A dengan ikhlas, sebaliknya si A memaafkan si B dengan ikhlas. Akhirnya kedua orang tersebut dimasukkan surga.

Dari cerita itu ustad Kholil berharap saat momentum lebaran ini untuk membuka hati untuk saling memaafkan agar nyaman, rukun dan damai.

"Itu gambaran umat mu ya Muhammad Saw kelak akan ada pertengkaran tapi diharuskan minta maaf agar mendapatkan syafaatmu dan surgaku." cerita  ustad Kholil.

Disamping itu ustad Kholil juga menganjurkan pada jamaah untuk membuang rasa ego untuk memaafkan ataupun meminta maaf agar hati senantiasa terbuka atas hidayah Allah Swt. bila itu di laksanakan maka tatanan sosial kehidupan akan tercipta kerukunan dan kedamaian.

"Apapun status sosialnya maka hendaknya membuka hati untuk saling maaf-memaafkan agar mendapatkan surga Allah Swt.” tegasnya.

PEWARTA: ROFI'I

#SelamatIdulFitri1443Hijriah #LebaranIdaman #lebaran2022 #IdulFitri2022M1443H

0 Comments: