Headlines
Loading...
Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur Luncurkan Program Sekardadu, Libatkan Sekolah Dan Kampus

Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Jawa Timur Luncurkan Program Sekardadu, Libatkan Sekolah Dan Kampus

BANYUWANGI, Zonapostindonesia.com - Program sekolah rawat daerah aliran sungai (Sekardadu) merupakan upaya pemerintah kabupaten Banyuwangi dalam menjaga kebersihan dan kelestarian aliran sungai yang berada di banyuwangi.

Program yang diluncurkan Bupati Banyuwangi Ipuk fiestiandani di Dam tenggoro desa Songgon kecamatan Songgon Banyuwangi tersebut melibatkan lintas sektor dan pihak sekolah dan kampus. Program Sekardadu merupakan rangkaian program lingkungan dan melibatkan banyak pihak

"Gerakan ini melibatkan lintas sektor termasuk sekolah dan kampus agar ikut bersama-sama menjaga kebersihan dan kelestarian aliran sungai," jelas Ipuk Fiestiandani. Kamis, (31/03/2022).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani juga berharap program ini tidak hanya sekedar formalitas saja tapi harus ada tindak lanjut yang berkelanjutan agar aliran sungai sungai di Banyuwangi terjaga kebersihan dan kelestariannya.

Selain itu juga ada edukasi bagi pelajar SD, SMP, SMA dan mahasisiwa Perguruan Tinggi untuk turut menjaga kebersihan, kelestarian sungai-sungai yang ada di Banyuwangi.

Mereka diberi pengetahuan tentang ekosistem sungai yang nantinya diharapkan mereka mampu mengajak dan memberi pemahaman pada masyarakat akan pentingnya menjaga kebersihan dan kelestarian sungai dari limbah sampah.

"Saya akan sering mengecek aliran-aliran sungai di berbagai tempat di Banyuwangi," imbuhnya.

Kami minta kepada semua perguruan tinggi yang ada di Banyuwangi untuk membuat program yang berorientasi pada pentingnya menjaga kebersihan sungai bagi keberlangsungan ekosistem sungai. Nantinya mereka juga akan diberi tugas untuk terus memonitoring Das-Das di Banyuwangi.

“Program Sekardadu ini juga sebagai upaya menumbuhkan kesadaran pada masyarakat untuk malu membuang sampah di sungai," tegasnya. 

Rofi'i, (Humas Pemkab Banyuwangi) 

0 Comments: