Headlines
Loading...
Mengungkap Hikmah Nuzulul Qur'an, Remaja Masjid Nurul Yaqin Gelar Pengajian Hingga Buka Puasa Bersama

Mengungkap Hikmah Nuzulul Qur'an, Remaja Masjid Nurul Yaqin Gelar Pengajian Hingga Buka Puasa Bersama

BONDOWOSO, Zonapostindonesia.com - Nuzulul Qur'an kerap sekali dimeriahkan setiap tahunnya, pasalnya momentum acara tersebut hanya ada di bulan suci ramadhan. Ini merupakan salah satu hal yang sangat bersejarah dalam Islam, yakni turunnya Al-Qur'an yang menjadi mukjizat terbesar Nabi Muhammad SAW.

Mengingat pentingnya momentum tersebut, Ikatan Remaja Masjid (IRMAS) Nurul Yaqin yang berada di dusun purwo desa nogosari kecamatan sukosari, Senin (18/04/22) mengadakan acara pengajian dalan rangka memperingari Nuzulul Qur'an.

Acara yang dikemas dengan tema "Meraih Hikmah Nuzulul Qur'an dalam Membentuk Karakter yang Qur'ani" ini dimulai pembacaan Khotmil Qur'an seusai sholat dhuhur berjamaah yang dibacakan oleh beberapa Santri Pondok Pesantren Walisongo Situbondo.

Kegiatan acara pengajian yang pertama kali dilaksanakan setelah pembentukan pengurus remaja masjid yang baru ini mendapat antusias dari warga sekitar, hal tersebut terlihat dari kekompakan warga yang membantu mensukseskan acara tersebut baik secara materi maupun tenaga hingga kekompakan dalam menghadiri acara yang juga didukung oleh Ikatan Santri Walisongo Situbondo yang sekaligus bersama jama'ah hadrahnya itu.

Muhammad Sa'roni dalam sambutannya sebagai ketua panitia mengucapkan banyak terimakasih kepada warga dusun purwo yang telah antusias dalam mensukseskan acara tersebut.

"Kami mengucapkan banyak terimakasih kepada masyarakat dusun purwo yang telah turut membantu kami dalam mensukseskan acara pengajian ini baik secara materi maupun tenaga, tanpa kekompakan masyarakat acara ini tidak mungkin terlaksana,"ungkapnya.

KH Nasrul Musta'an dalam ceramahnya banyak menyampaikan hikmah turunnya Al-Qur'an, beliau juga memberikan nasihat nasihat kepada masyarakat agar sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Allah SWT melalui Al-Qur'an.

Bahkan beliau juga mengutip Q.S Al Isra' ayat 82 yang menjelaskan bahwa Al-Qur'an merupakan Obat dari segala penyakit dan juga sebagai rahmat bagi orang orang mukmin.

Tak hanya itu, Pengasuh Pondok Pesantren Misbahul Jadid Lumutan Botolinggo tersebut juga mengkorelasikan tanggal turunnya Al-Qur'an dengan kemerdekaan Indonesia.

"Al-Qur'an ini turun pada tanggal 17 ramadhan, Indonesia merdeka pada 17 agustus yang bertepatan pada bulan ramadhan, dan dibalik itu kita sebagai muslim memiliki kewajiban untuk menunaikan sholat 5 waktu yang berjumlah 17 rakaat, oleh karenanya angka 17 ini bukan sesuatu yang kebetulan, ini adalah rahmat yang diberikan oleh Allah kepada kita sebagaimana juga sudah tertulis dalam pembukaan UUD 1945 bahwa kemerdekaan indonesia ini terbentuk atas rahmat Allah Yang Maha Kuasa," dawuhnya.

Meski cuaca terlihat mendung, rangkaian acara tersebut berjalan dengan lancar hingga buka puasa bersama.

PEWARTA:  MOCH. QUSAYERI

0 Comments: