Headlines
Loading...
Kapolres pimpin pengamanan Unjuk Rasa Mahasiswa di Jember, Aman dan Kondusif

Kapolres pimpin pengamanan Unjuk Rasa Mahasiswa di Jember, Aman dan Kondusif

JEMBER, Zonapostindonesia.com - Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa se-Jember turut menggelar aksi yang sama pada Selasa (12/04/2022). Tercatat 12 Universitas di Jember yang bersatu dalam aksi yang dihadiri oleh kurang lebih 500 massa aksi dengan almamater kebanggaan di masing-masing perguruan tingginya.

"Massa aksi sudah melakukan konsolidasi terkait aksi yang dilaksanakan hari ini, dan sudah menyusun agenda serta penunjukan korlap, dan susunan rangkaian tuntutan yang akan disampaikannya nanti". ujar Zakaria ketua Aliansi BEM se-Jember, yang juga merupakan Presiden Mahasiswa di Kampus UIN KHAS Jember.

Sekitar pukul 14.00 Wib. massa dari berbagai perguruan tinggi mulai memadati bundaran double way Universitas Jember yang merupakan titik kumpul massa aksi. Massa mulai melakukan long march ke bundaran DPRD Kabupaten Jember sebagai target dimulainya orasi dan penyampaian aspirasi.

Nampak ratusan personil Kepolisian Resort Jember dimpimpin oleh Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo, S.I.K., SH. telah berjaga di sekitar lokasi guna melakukan pengamanan selama aksi berlangsung. Puluhan mahasiswa dan mahasiswi silih berganti menaiki mimbar orasi di atas mobil pick up dengan sound system. Beberapa spanduk kritik terhadap pemerintahan, dan juga riuh suara yel-yel tak henti dilakukan selama aksi berlangsung.

Tak lama berselang, para mahasiswa ingin memasuki serambi gedung DPRD Kab. Jember. Para mahasiswa juga menuntut Ketua DPRD segera melakukan penandatanganan pakta integritas yang juga diikuti oleh perwakilan fraksi dari beberapa partai.

Meski sempat diwarnai ketegangan, Kapolres Jember yang berhadapan langsung dengan mahasiswa, berhasil menenangkan situasi sehingga situasi dapat terkendali dan kembali kondusif saat Ketua DPRD Kab. Jember M. Itqon Syauqi, S.Th.I beserta jajaran DPRD Kab. Jember keluar ruangan dan menemui mahasiswa.

Dalam pakta integritas yang tertulis, mahasiswa menolak wacana penundaan pemilu, wacana perpanjangan masa jabatan presiden, penolakan kenaikan harga BBM. Mahasiswa juga menuntut agar pakta integritas yang telah ditandangani dan disepakati bersama dalam waktu 1x24 jam agar segera diserahkan ke DPR RI di Senayan Jakarta.

"Kami berjanji dan akan mendokumentasikan bahwa besok kami akan segera membawa pakta integritas ini untuk diserahkan ke DPR RI di Jakarta". tegas Itqon Syauqi di hadapan ratusan mahasiswa.

Janji tersebut dapat meredam situasi mahasiswa yang tengah memanas sehingga membuat para mahasiswa tersenyum lega dan massa aksi membubarkan diri dengan tertib dan kondusif. (Habibi)

0 Comments: