Headlines
Loading...
Hujan Deras, Kapolres Jember Setia Dampingi Aksi Mahasiswa

Hujan Deras, Kapolres Jember Setia Dampingi Aksi Mahasiswa

JEMBER, Zonapostindonesia.com - Rakyat sebagai pemilik kedaulatan memiliki kebebasan berekspresi dan berpendapat di setiap lini aspek pemerintahan, termasuk aktivitas politik. Hal ini menjadi landasan mahasiswa atas nama rakyat turut berperan aktif menyuarakan aksi dan aspirasinya guna mengawal proses berjalannya pemerintahan dan birokrasi di Indonesia.

Menyusul aksi besar mahasiswa yang dimulai sejak Senin (11/04/2022) di Jakarta dan di beberapa tempat lainnya, dilanjutkan di hari berikutnya di puluhan kota di Indonesia telah terjadi aksi mahasiswa dengan berbagai aspirasinya.

Mahasiswa di Kabupaten Jember yang tergabung dalam HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) juga turut menggelar aksi serupa pada hari Rabu (13/04/2022) di Bundaran DPRD Kabupaten Jember.

Gelegar sound system, bendera merah putih, spanduk dan tulisan-tulisan kritik turut menghiasi lantangnya suara orasi dan yel-yel yang dikumandangkan di halaman gedung DPRD Kabupaten Jember.

"Tinjau kembali undang-undang tentang IKN, kawal statement presiden tentang masa jabatan yang disinyalir akan diperpanjang. Kami ingin pemilu sesuai peraturan konstitusi. Kami juga menolak kenaikan harga BBM". ujar Saka Dwi yang merupakan ketua HMI Cabang Jember.

Di tengah aksi berlangsung, hujan deras mengguyur personil Kepolisian Resort Jember yang tengah berjaga dan para peserta aksi juga. Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo yang saat itu berada ditengah massa aksi pun tidak lepas dari perhatian awak media karena enggan berteduh. Kapolres Jember tetap mengawal mahasiswa yang sedang menjalankan aksinya.

"Adik-adik mahasiswa adalah adik-adik kita semuanya, mereka adalah anak-anak kita. Perlakukan mereka seperti memperlakukan anak-anak kita sendiri". tegas Kapolri saat menjumpai peserta aksi di Jakarta (11/04).

Di tempat berbeda, Kapolri Jenderal Listyo Sigit juga berjanji dan menginstruksikan kepada jajaran Kepolisian di Indonesia untuk mengawal aspirasi mahasiswa kepada pemerintah.

Kapolres Jember juga menghimbau kepada mahasiswa yang turut serta dalam aksi untuk tetap tertib, tidak anarkis dan menjaga kondusifitas terlebih di bulan suci Ramadhan.

"Terima kasih kepada adik-adik mahasiswa telah menyuarakan aksinya dengan tetap tertib dan kondusif". pungkas Hery Purnomo.

Mediasi, hingga diplomasi berhasil dilakukan hingga mahasiswa berhasil mendapatkan tuntutannya yakni penandatanganan pakta integritas yang dilanjutkan dengan mengirim dokumen ke Presiden RI dan DPR-RI.

"Terimakasih bapak Polisi, kita hujan-hujanan bareng pak Polisi untuk memperjuangkan hak rakyat, semoga segera terpenuhi". ujar Fahmi, salah seorang peserta aksi.

Aksi mahasiswa dapat terkendali dengan suasana kondusif dan humanis hingga para peserta aksi membubarkan diri. (Habibi)

0 Comments: