Headlines
Loading...
Gubernur Khofifah Resmikan Kampus UMKM Shopee di Malang

Gubernur Khofifah Resmikan Kampus UMKM Shopee di Malang

KOTA MALANG, Zonapostindonesia.com - Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Kampus Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Shopee Malang di UPT Dinas Koperasi dan UMKM Provinsi Jawa Timur, Selasa (12/4/2022)

Khofifah dalam sambutannya, menyampaikan apresiasi dan dukungan atas hadirnya Kampus UMKM di Kota Malang yang menjadi kota dengan jumlah startup tertinggi di Jawa Timur.

“Terima kasih atas dedikasi Shopee dengan mendirikan Kampus UMKM yang ada di Malang ini. Harapan kita adalah literasi digital UMKM akan menjadi bagian dari penguatan untuk dapat memberikan kembali harapan baru, semangat baru,” ujar Gubernur Jawa Timur.

Sebanyak 80% produk UMKM memiliki target market lokal. Hadirnya Kampus UMKM Malang ini diharapkan dapat berkembang lebih pesat melalui akses digitalisasi, sehingga pelaku UMKM semakin berdaya dan memiliki daya saing global.

“Para pelaku UMKM terutama pemula dihadapkan problem dasar, yaitu satu modal dua pemasaran. Sekarang ini ada Kampus UMKM Shopee, saya berharap bahwa beberapa hal ini akan bisa dikatrol, dinaikkan kelasnya,” katanya.

Menurutnya, hal itu menjadi tagline G20, yakni recover together, recover stroger. Pihaknya berharap bisa mengimplementasikan itu dengan UMKM di Jawa Timur yang saat ini membutuhkan akses pemasaran.

Melalui digitalisasi UMKM, kata dia, para pelaku usaha dapat dilatih, dibangunkan jejaringnya dan sistemnya sehingga dapat mendorong kenaikan kelas UMKM lebih cepat.

Sementara itu, Direktur Eksekutif Shopee Indonesia Handika Tjahja mengungkapkan, digitalisasi sangat penting karena dapat memperluas jangkauan pemasaran produk ke seluruh Indonesia. Digitalisasi tidak selesai hanya sampai UMKM bisa berjualan melalui e-commerce saja. Tetapi bagaimana UMKM bisa memanfaatkan teknologi digital, baik secara pemasaran maupun operasional.

“Tujuannya adalah pemberdayaan UMKM lokal dengan teknologi digital. Digitalisasi ini sangat penting karena untuk membanjiri marketplace dengan produk lokal. Caranya dengan memastikan hulunya itu benar, yaitu kita memastikan produsen lokal yakni para UMKM lokal dapat bergabung ke dalam ekosistem dengan dilatih, ditraining, dibimbing agar dapat bekembang lagi sehingga berdampak ke sekelilingnya,” ungkap Direktur Eksekutif Shopee Indonesia.

Kampus UMKM Shopee menyediakan fasilitas bagi pelaku UMKM, berupa edukasi, pendampingan bisnis, studio foto, dan live streaming secara gratis. (dws)

0 Comments: