Headlines
Loading...
Wakil Bupati Malang Dampingi Kunjungan Mensos RI Dalam Rangka Pemberian Bantuan Kepada Korban Banjir

Wakil Bupati Malang Dampingi Kunjungan Mensos RI Dalam Rangka Pemberian Bantuan Kepada Korban Banjir

LAWANG MALANG, Zonapostindonesia.com - Wakil Bupati Malang Drs.H. Didik Gatot Subroto, SH, MH mendampingi Kunjungan Kerja Menteri Sosial (Mensos) Dr. Ir. Tri Rismaharini, M.T pada Minggu (13/3/2022), di Kecamatan Lawang Kabupaten Malang. 

Dalam kunjungannya, Mensos Tri Rismaharini bersama rombongan menyerahkan santunan bagi korban terdampak banjir bandang di wilayah Kecamatan Lawang yang terjadi beberapa waktu lalu hingga mengakibatkan seorang warga Desa Kelurahan Kalirejo Kecamatan Lawang meninggal dunia.

Kedatangan Mensos RI, selain disambut oleh Wakil Bupati Malang Drs.H. Didik Gatot Subroto juga disambut oleh Kasdim 0818/Kabupaten Malang-Batu, Mayor Arh Joko Istianto, Kapolres Malang, AKBP Ferli Hidayat, Plt Kasatpol PP Kabupaten Malang, Firmando Hasiholan Matondang, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Malang, Bambang Istiawan, beserta rombongan yang lain.

“Kami memberikan bantuan bagi korban bencana, namun kami bukan sekedar memberikan santunan maupun barang melainkan cara agar ahli waris bisa tetap survive meskipun ditinggal keluarga yang selama ini mencari nafkah Bantuan yang diberikan juga untuk pemberdayaan ekonomi keluarga , Bentuk bantuannya selain memberikan santunan juga memberikan paket usaha sesuai permintaan dari keluarga, karena saya percaya tidak ada yang tidak mungkin, semua pasti bisa. Bahkan, disabilitas bisa juga survive. Tentunya, usaha yang dijalankan nantinya harus dijalankan serius dan ditangani dengan serius, bukan asal-asalan”ucap Mensos Risma.

Selanjutnya, Wakil Bupati Malang, Drs. H. Didik Gatot Subroto SH, MH mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Malang sangat mengapresiasi bentuk kepedulian pemerintah pusat terkhusus dalam hal ini Kementrian Sosial.

”Kami sangat mengapresiasi, artinya ini kan ada bencana tapi bisa langsung direspon oleh Kementerian Sosial sehingga perlu kita apresiasi dan bantuan yang disampaikan bisa diberikan langsung kepada keluarga korban.” tutur Wakil Bupati Malang.

Menurutnya, setiap bencana itu memiliki efek, ”Satu diantaranya adalah efek bagi keluarga yang ditinggalkan(korban) maka bantuan yang disalurkan bertujuan untuk memberikan support bagaimana perkembangan terhadap yang bersangkutan ekonominya tidak terganggu.” tambah Wakil Bupati Malang.

Wakil Bupati Malang juga menyampaikan bahwa pihaknya sepakat dengan apa yang telah disampaikan oleh Mensos Tri Rismaharini. Bagaimana nantinya pengembangan Sumber Daya Manusia untuk memberikan pembelajaran terhadap entrepreneur, Ruang ini seharusnya bisa dimanfaatkan oleh keluarga dan itu yang akan didorong oleh Pemerintah Daerah karena sudah diberi modal, pelatihan serta paket unit usaha minuman. 

Tugas pemerintah disini adalah mengedukasi penerima, agar bantuan itu berjalan sesuai dengan yang diminta oleh pemerintah. Tujuannya, agar keluarga yang terkena musibah tetap mandiri dalam segi perekonomian.

PEWARTA: DW SURYA

0 Comments: