Headlines
Loading...
Uang Bumdes Desa Sumberanyar Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi Jawa Timur, Diduga Dipakai pengurus lama

Uang Bumdes Desa Sumberanyar Kecamatan Wongsorejo Banyuwangi Jawa Timur, Diduga Dipakai pengurus lama

BANYUWANGI, Zonapostindonesia.com - Isu miring terkait uang Bumdes desa Sumberanyar kecamatan Wongsorejo Banyuwangi Jawa timur yang diduga masih berada di pengurus lama mendapat tanggapan serius dari berbagai pihak.

Isu yang beredar di tengah masyarakat desa Sumberanyar adalah uang Bumdes itu digunakan secara pribadi oleh oknum pengurus lama dan ada dugaan belum ada pertanggungjawaban dari pengurus lama.

Seiring Pilkades Desa Sumberanyar yang dimenangkan oleh incumbent kini pengurus Bumdes desa Sumberanyar berganti kepengurusan. Ada dugaan laporan pertanggungjawaban pengurus lama belum ada karena saat rapat reformasi pengurus, oknum ketua pengurus lama tidak hadir. Selasa, (15/05/2022).

Menurut SJN hal itu bisa dilihat dari uang Bumdes yang belum diserahkan sepenuhnya pada pengurus baru dan laporan pertanggungjawaban belum diterima pengurus baru dan hanya buku-buku saja.

Informasinya dana itu ada di oknum ketua, oknum bendahara lama dan oknum kades dengan akad pinjam. Seharusnya ketika pengurus baru sudah terbentuk, uang itu harus disertakan bersama laporan pertanggungjawaban pengurus.

"Pak PJ kades saat itu mengatakan itu pada saya" jelasnya.

Mantan ketua Bumdes desa Sumberanyar pak Kamto membenarkan uang itu ada di pengurus lama dan juga mengatakan kalau pengurus lama juga sudah menyerahkan uang pada pengurus baru. Uang yang ada di pengurus lama, sesuai arahan pak kades akan dibuat untuk peternakan kambing, tapi untuk merealisasikannya masih menunggu DD cair yang akan cair di bulan April bulan depan.

"Ada di saya Rp. 50 Juta, di bendahara Rp. 25 Juta, diserahkan pada pengurus baru 20 juta dan dipinjam pak kades Rp. 5 juta." paparnya.

Sementara itu oknum TKSK Pak Bagus di rumahnya menjelaskan uang itu harus ada pertanggungjawabannya agar pengurus baru tahu. Kalau seperti itu dimana tanggung jawabnya. Padahal berkali-kali saya sarankan agar Bumdes itu buka usaha di RTH Sumberanyar, fasilitas sudah ada tinggal menempati saja.

"Jadi uang itu harus diserahkan pada pengurus baru." tegasnya.

PEWARTA: ROFI'I.

0 Comments: