Headlines
Loading...
KSP Moeldoko Resmikan PLTS ITN, Bung Edi: Kami Siap Membantu

KSP Moeldoko Resmikan PLTS ITN, Bung Edi: Kami Siap Membantu

KOTA MALANG, Zonapostindonesia.com -Wakil Wali Kota Malang Ir. H. Sofyan Edi Jarwoko mengapresiasi berbagai inovasi, terutama inovasi tepat guna yang dikembangkan oleh Institut Teknologi Nasional (ITN) Malang yang diperuntukkan serta akan dikembangkan untuk membantu masyarakat. Seperti halnya pembangkit listrik tenaga surya (PLTS) dengan kapasitas 0,5 MWp/500 KWp, yang diresmikan oleh Kepala Staf Kepresidenan (KSP) Jenderal TNI (Purn) Dr. H. Moeldoko, S.IP pada Rabu (23/3/2022) di kampus setempat.          

Menurut Wawali Edi, inovasi tersebut merupakan sebuah terobosan baru yang memang layak untuk dikembangkan, karena akan menghemat penggunaan listrik yang bersumber dari PLN, khususnya di kampus ITN ini. “Ke depan, kami berharap PLTS ini bisa dimanfaatkan oleh masyarakat, khususnya di Malang Raya atau di daerah lain yang minim pasokan listrik,” imbuhnya.

Ditambahkan pria yang kerap disapa Bung Edi itu, pihaknya mengaku siap jika memang dibutuhkan untuk membantu pengembangan sejumlah inovasi di ITN tersebut, khususnya PLTS. “Sesuai apa yang disampaikan bapak Moeldoko, jika pengembangan inovasi tepat guna ini dapat melibatkan pemerintah daerah, maka kami siap,” sambungnya.

Ke depan, lanjut pria berkacamata itu, semua perguruan tinggi di Malang diharapkan bisa berlomba-lomba untuk melahirkan inovasi di berbagai bidang. Seperti halnya untuk menanam padi, memupuk tanaman menggunakan alat khusus dan lain sebagainya. “Dengan demikian, masyarakat dapat lebih memanfaatkan dan merasakan keberadaan lembaga pendidikan, terutama pendidikan tinggi dalam kehidupan mereka,” urainya.

Apresiasi juga disampaikan KSP Moeldoko atas inovasi di ITN tersebut dan dalam momen ini pihak kampus menandatangani kerja sama pengembangan sejumlah inovasi, khususnya PLTS. “Kami sangat bangga dengan apa yang dikembangkan kampus ini, dan ke depan hendaknya jangan hanya berada di laboratorium saja berbagai inovasinya tapi dimanfaatkan untuk masyarakat,” imbaunya.

Lebih jauh mantan Panglima TNI itu menyampaikan, jika sumber daya manusia Indonesia memiliki kemampuan yang baik, dan didukung oleh sumber daya alam yang melimpah. “Dari kondisi ini, apapun inovasi yang akan dikembang, tentunya dengan kemauan yang besar, pasti akan terealisasi dengan baik. Sehingga kedepan Indonesia akan lebih berdaya saing di level internasional,” pungkas Moeldoko.

PEWARTA: DW SURYA

0 Comments: