Headlines
Loading...
Harga Naik, Petani di Malut Jual Kopra ke Sulawesi

Harga Naik, Petani di Malut Jual Kopra ke Sulawesi

TALIABU, Zonapostindonesia.com - Kenaikan harga kopra di Kabupaten Luwuk, Sulawesi Tengah (Sulteng), mulai naik tahun 2022.

Sebelumya kopra hanya seharga Rp. 9.000,- per kilo, kini meroket mencapai Rp. 14.000,- per kilo.

Pasaran harga tersebut meminati para petani kopra yang ada di Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut), untuk menjual hasil panen kopra ke Sulteng.

"Harga kopra naik beberapa bulan terakhir, naik dari harga sebelumnya Rp 9-10 ribu per kilogram, menjadi Rp 14 ribu per kilogram. Di tahun-tahun sebelumnya, mengalami penurunan secara drastis," kata Natsir, petani kopra asal Taliabu, Sabtu (5/3/2022).

Natsir mengaku, alasan petani menjual kopra ke luar daerah karena harganya yang berbeda.

Dari perhitungan laba, para petani kopra telah mengkalkulasikan keuntungan dan pendapatan secara bersih untuk hasil yang akan di ekspor.

"Hasil kopra yang di bawa ke Luwuk (Sulteng) tersebut, untuk ongkos buruh pelabuhan Rp 10.000,- perkarungnya, dan ongkos kapal 1 kilo Rp. 400,- per kilogram. Jadi kalau 1 ton Rp 400.000.,- Itu kami masih bisa dapat keuntungan," terangnya.

Sementara itu, para petani berharap ada langkah Pemerintah Daerah (Pemda) Taliabu, dapat memfungsikan Perusahaan Daerah (Perusda), guna menghidupkan harga kopra secara menyeluruh.

"Dari sini, kami berharap Pemda setempat mempunyai inisiatif mengambil langkah untuk membeli hasil kopra dengan harga yang sesuai, kami sangat berterimakasih. Dan kami para petani kopra yang ada di Taliabu, tidak akan membawa hasil kopra kami lagi keluar Taliabu," pintanya.

PEWARTA: HAVID

0 Comments: