Headlines
Loading...
Gandeng KKN At-Taqwa, Desa Baratan Gelar Pengajian dan Shalawat Rutin Bulanan

Gandeng KKN At-Taqwa, Desa Baratan Gelar Pengajian dan Shalawat Rutin Bulanan

BONDOWOSO, Zonapostindonesia.com - Desa Baratan di bawah pimpinan Kepala Desa Bapak Hasan secara rutin menggelar Pengajian dan Shalawat Rutin Selasa Malam Rabu Legi.

Kali ini Desa Baratan menggandeng peserta Kuliah Kerja Nyata (KKN) STAI At-Taqwa Bondowoso Posko 13 di kegiatan rutin bulanan yang dilaksanakan di Balai Desa Baratan Kecamatan Binakal Kabupaten Bondowoso, Selasa Malam (15/03/2022).

Koordinator Bidang Keagamaan KKN STAI At-Taqwa Bondowoso Posko 13 Desa Baratan, Muhlas, mengatakan bahwa pihaknya sangat senang, bangga dan siap sedia untuk berkolaborasi dalam kegiatan apa pun selama KKN.

"Kami selalu siap untuk berkolaborasi dengan seluruh kegiatan yang ada di Desa Baratan. Apalagi kegiatan seperti Pengajian dan Shalawat Rutin Selasa Malam Rabu Legi ini," katanya pada zonapostindonesia.com, Selasa (16/03/2022).

Menurutnya, kegiatan rutin bulanan di Desa Baratan ini patut untuk dipertahankan. Sebab dengan kegiatan ini, seluruh warga akan berkumpul dan berdoa bersama untuk kemakmuran desa.

"Selain doa bersama, juga bisa mengaji langsung pada KH. Muhammad Hasan Abdul Muiz Tirmidzi. Pun bisa menghaturkan shalawat dan salam kepada Nabi Muhammad SAW. Makanya, kegiatan ini harus terus istiqamah," tutupnya.

Kegiatan rutin bulanan yang dihadiri oleh seluruh warga Desa Baratan, peserta KKN STAI At-Taqwa Bondowoso Se-Kecamatan Binakal ini diawali dengan Tahlil dan Shalawat Burdah yang dipimpin langsung oleh KH. Muhammad Hasan Abdul Muiz Tirmidzi.

Sementara KH. Muhammad Hasan Abdul Muiz Tirmidzi dalam ceramahnya menjelaskan bulan Sya'ban yang mulia karena beberapa hal.

Menurutnya, bulan Sya'ban menjadi mulia karena berkumpul dengan bulan paling mulia yaitu bulan Ramadhan.

"Barangsiapa berkumpul dengan orang atau sesuatu yang mulia, maka akan ikut mulia. Sama halnya dengan bulan Sya'ban yang berkumpul dengan bulan yang paling mulia di antara bulan yang lain yaitu bulan Ramadhan, maka bulan Sya'ban menjadi mulia karena bulan Ramadhan," katanya, menjelaskan.

Selain itu, lanjutnya, bulan Sya'ban menjadi bulan yang mulia karena di bulan Sya'ban Allah SWT mengubah arah kiblat umat Islam yang semula menghadap ke Baitul Maqdis menjadi menghadap ke Masjidil Haram, Ka'bah.

"Bulan Sya'ban ini adalah bulan ulang tahun shalat menghadap ke Ka'bah karena dulu Rasulullah SAW ketika Shalat Ashar menghadap ke Baitul Maqdis pada rakaat kedua oleh Allah SWT diperintahkan untuk berbalik arah menghadap ke Ka'bah," lanjutnya.

Alasan lain yang membuat bulan Sya'ban menjadi mulia adalah Allah Swt memerintahkan para malaikat dan seluruh umat Islam untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad Saw.

"Bulan Sya'ban ini juga bulan shalawat karena turunnya ayat tentang bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW bertepatan dengan bulan Sya'ban. Jadi, mari di bulan Sya'ban ini perbanyak membaca shalawat," ajaknya.

KH. Muhammad Hasan juga menyebutkan sabda Nabi Muhammad SAW tentang bulan yang dimiliki oleh Allah Swt, Nabi Muhammad Saw dan umat Islam.

"Bulan Rajab adalah bulannya Allah Swt, bulan Sya'ban bulannya Nabi Muhammad Saw dan bulan Ramadhan adalah bulannya umatku kata Nabi," pungkasnya.

PEWARTA: MUHLAS

0 Comments: