Headlines
Loading...
Pasca Banjir, Jembatan Penghubung Desa Bimorejo Wongsorejo Banyuwangi Dan Desa Wonorejo Banyuputih Situbondo, Relatif Aman Dilalui

Pasca Banjir, Jembatan Penghubung Desa Bimorejo Wongsorejo Banyuwangi Dan Desa Wonorejo Banyuputih Situbondo, Relatif Aman Dilalui

BANYUWANGI, Zonapostindonesia.com - Jembatan Sidorejo merupakan akses terdekat warga Desa Bimorejo Kecamatan Wongsorejo Kabupaten Banyuwangi dan Warga Desa Wonorejo Kecamatan Banyuputih Kabupaten Situbondo untuk beraktifitas.

Pasca banjir, walaupun posisi jembatan sudah miring, warga masih melintasi jembatan itu untuk beraktifitas. Jembatan Sidorejo tersebut pernah mengalami renovasi berat, kala itu jembatan yang terbuat dari bahan bambu, hanyut diterjang banjir.

Pada tahun ini jembatan tersebut butuh perhatian pihak terkait lagi, karena jembatan mengalami abrasi, pondasi jembatan yang tengah tergerus dahsyatnya air banjir, sehingga menyebabkan posisi jembatan miring dan pagar pembatas jembatan copot.

Apabila tidak segera dilakukan perbaikan, dikhawatirkan bila banjir datang lagi akan semakin memperparah keadaan jembatan tersebut. Apalagi musim penghujan masih akan terjadi. Saat ini jembatan itu masih bisa digunakan warga untuk beraktivitas. Minggu, (06/02/2022)

Dari hasil pantauan media Zonapostindonesia.com, pasca banjir, jembatan cukup aman untuk dilalui kendaraan roda 2, namun setiap pengendara harus ekstra hati-hati saat melintas dan lebih baik diatur menjadi satu arah.

Sementara warga di bantaran sungai, juga terdampak banjir mengingat pemukiman warga berada sekitar 80 meter dari bibir sungai. Perlu segera dilakukan kajian oleh pihak terkait agar warga di bantaran sungai aman dari banjir.

Misalnya meneruskan program proyek plengsengan Gronjong dari selatan sampai utara muara dan melakukan normalisasi dari muara sampai ke hulu sungai. Apabila itu dilakukan maka walaupun banjir, air sungai tidak akan meluap ke permukiman warga.

Menurut pak Jais warga Desa Bimorejo, banjir pada hari sabtu kemarin, mengerikan. Air banjir naik sampai batas atas jembatan, seakan jembatan tenggelam. Hari ini, ketika saya mendengar kalau jembatan hanyut maka segera saya bergegas ke sini.

"Alhamdulillah jembatan masih ada dan masih bisa digunakan beraktifitas," ujarnya di lokasi jembatan Sidorejo terdampak banjir.

Pak Jais pun meminta apabila nanti diperbaiki, pondasi harus lebih kokoh lagi, sehingga akan kuat apabila diterjang banjir lagi atau ditinggikan tanpa ada pondasi penyangga jembatan di tengah.

"Hati hati mas, kalau bisa gantian saja melintasnya." pinta pak Jais pada pengendara roda 2 yang melintas.

PEWARTA: ROFI'I

0 Comments: