Headlines
Loading...
Wakil Bupati Malang: Pemkab Malang Dukung Keberadaan Paguyuban Bonsai Pujon

Wakil Bupati Malang: Pemkab Malang Dukung Keberadaan Paguyuban Bonsai Pujon

PUJON MALANG, Zonapostindonesia.com - Pemerintah Kabupaten Malang mendukung keberadaan Paguyuban Bonsai Pujon sebagai wadah seniman Bonsai se Kecamatan Pujon dan seniman Bonsai di wilayah Malang Barat. Hal ini disampaikan Wakil Bupati Malang, Drs. Didik Gatot Subroto, SH.MH saat menghadiri kegiatan Pesona Bonsai Pujon dengan tema Dari Kita Untuk Semua, bertempat di KOP SAE Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang, Sabtu (15/1/2022). Dalam moment ini, Paguyuban Bonsai Pujo bersama PPBI Kota Batu menggelar Kontes Bonsai yang diikuti 331 peserta se Malang raya, termasuk dari Pasuruan, Sidoarjo dan Blitar.

Wakil Bupati Malang merespon hangat sejumlah harapan dari Paguyuban Bonsai Pujon yang dibina oleh Sodikul Amin sekaligus menjabat Ketua DPRD Kabupaten Malang. Diantaranya, berharap sentuhan dan dukungan dari Pemkab Malang kepada seniman Bonsai Pujon dan Malang Barat agar mampu lebih berdaya saing. Wakil Bupati Malang saat memberikan arahan pun mengapresiasi kegiatan Pesona Bonsai Pujon Dari Kita Untuk Semua.

''Bonsai bagian dari kolaborasi antara ilmu pertanian dan seni yang diciptakan para seniman bonsai. Tentu Pemerintah Kabupaten Malang wajib memberikan support kepada petani atau seniman bonsai baik terkait di bidang pertanian, pariwisata dan perdagangan.

Semisal, bisa membantu para pecinta untuk mendapatkan jalur kemudahan bantuan dana usaha semisal KUR. Dengan catatan belum pernah punya hutang, dan bermasalah hutang piutang, insya Allah bisa mendapatkan kemudahan untuk mendapatkan KUR," jelas Wakil Bupati Malang.

Tak hanya itu, Wakil Bupati Malang juga mengakui bahwa seniman dan pecinta Bonsai memiliki seni dan nilai lebih sehingga selayaknya memiliki pasar tersendiri baik secara online dan offline. Setidaknya hal itu bisa menengok keberadaan PPBI Batu itu yang diketahui dan dikenal sudah memiliki pasar hingga ke luar negeri.

Karena itu, Pemkab Malang juga akan melakukan pendampingan dengan turut menggerakkan keberadaan BUMDes dan Pemerintah Desa Pandesari dan Pujon Kidul agar turut berperan dengan memberikan ruang display pemasaran, bersamaan dengan potensi lainnya yang ada. Harapannya, bonsai yang ditawarkan memiliki kemampuan pasar yang menarik harganya.

''Bahkan, bonsai yang dikerjakan Paguyuban Bonsai Pujon ini sudah budidaya, tentu sangat hebat jika sebelumnya tekniknya bonsai ini dicongkel. Anggota paguyuban juga harus saling support dalam produksi dan menawarkan untuk memaksimalkan pemasaran. Jika itu terwujud, tentunya terwujud juga tema Dari Kita Untuk Semua. Pemkab Malang tentunya wajib mendukung dengan ikut mengkolaborasikan ke dalam programnya," pesan Wakil Bupati Malang yang menyempatkan waktunya turut melihat bonsai yang berjajar terdisplay dalam kontes bonsai Paguyuban Bonsai Pujon.

PEWARTA: DW SURYA

0 Comments: