Headlines
Loading...
Universitas Abdurrachman Saleh (Unars) Situbondo Bersama (Apdesi) Gelar Sosialisasi Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk kemajuan Pemerintah Desa

Universitas Abdurrachman Saleh (Unars) Situbondo Bersama (Apdesi) Gelar Sosialisasi Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk kemajuan Pemerintah Desa

SITUBONDO, Zonapostindonesia.com - Menindaklanjuti hasil penandatanganan MoU di bidang pendidikan yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu, maka Universitas Abdurrachman Saleh (Unars) Situbondo bersama Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Situbondo menyelenggarakan Sosialisasi Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) untuk kemajuan Pemerintah Desa di Kabupaten Situbondo, yang bertempat di Aula Unars. Selasa, (25/01/2022).

Acara tersebut turut dihadiri sejumlah civitas Akademik Unars Situbondo dan pengurus bersama anggota Apdesi.

Dr. Drs. Karnadi, M.Si., selaku Rektor Unars Situbondo menyampaikan pada acara sosialisasi RPL kali ini, pihaknya akan memberikan layanan fasilitas kuliah sambil bekerja kepada Kepala Desa beserta perangkatnya yang ingin kuliah untuk mendapatkan gelar sarjana dengan ketentuan yang tidak melanggar peraturan pemerintah.

Kami sudah berkunjung ke Dikti Kota Jakarta, tujuannya untuk konsultasi mengenai Apdesi bisa kuliah dengan cepat, mudah dan dilakukan diluar kampus sebagai langkah menuju program kampus merdeka tanpa melanggar aturan yang berlaku.

"Saya ingin membangun Sumber Daya Manusia (SDM) terlebih dahulu melalui pembelajaran, sehingga nantinya dapat memajukan desanya masing-masing dengan baik. Dengan adanya kegiatan ini, Apdesi Situbondo memberikan tanggapan yang baik dan luar biasa," ucapnya.

Sementara itu, Ketua Apdesi Situbondo, H. Juharto menyampaikan rasa antusias dengan adanya acara sosialisasi RPL ini, karena untuk memberdayakan kapasitas Kepala Desa dan perangkatnya untuk peningkatan SDM. Terkait praktek melaksanakan pemerintahan, kemasyarakatan, hukum, ekonomi dan pertanian untuk teman-teman kepala desa dan perangkat sudah cukup memahami, karena hanya tinggal teorinya saja.

"Bulan September sudah bisa mulai melaksanakan proses belajar mengajar. Kemudian juga ada kerja-sama antara perguruan tinggi Unars dengan Pemerintah Desa untuk membangun desa inovatif. Jadi diharapkan mampu memperkaryakan potensi-potensi yang ada secara bersama-sama," jelasnya.

Lebih lanjut, pria yang juga menjabat sebagai Kepala Desa Banyuputih tersebut menambahkan akan memberikan beasiswa kepada warga desa yang memiliki potensi dan kondisinya tidak mampu supaya bisa kuliah di Unars Situbondo.

"Saya menghimbau kepada kades dan perangkat desa bagi yang masih belum sarjana agar kuliah untuk mendapatkan gelar sarjana. Sebab dengan berjalannya waktu, perkembangan dunia semakin pesat. Jadi harus ditindak-lanjuti dengan mencari ilmu sampai strata satu ataupun strata dua," harapnya.

PEWARTA: SIGIT PRAMONO

0 Comments: