Headlines
Loading...
SDI (Sekolah Dasar Islam) Nurul Anshor Situbondo Kecamatan Panji, Adakan Tasyakuran Munaqosah Tahfidzh Juz 30

SDI (Sekolah Dasar Islam) Nurul Anshor Situbondo Kecamatan Panji, Adakan Tasyakuran Munaqosah Tahfidzh Juz 30

SITUBONDO, Zonapostindonesia.com - SDI (Sekolah Dasar Islam) Nurul Anshor Situbondo Kecamatan Panji mengadakan giat tahunan, yaitu Tasyakuran Munaqosah Tahfidzh Juz 30, yang bertempat di teras depan Masjid Nurul Anshor, Kamis (27/1/2022).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Situbondo Ibu Hj Khoirani, S.Pd., MH., Plt Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Ibu Siti Aisyah, SH., M.Si., Kepala Sekolah SDI Nurul Anshor Situbondo Bpk Sudibyo, S.Pd., M.Pd., beserta tenaga pengajar dan seluruh wali murid.

Kepala Sekolah SDI Nurul Anshor Situbondo, Yoyok (sapaan akrabnya) menyampaikan persyaratan kelulusan siswa-siswi kelas 6 (enam) di SDI Nurul Anshor ada tiga indikator. Yaitu yang pertama mengikuti ujian, kedua dinilai dari sikap dan akhlaknya dan yang ketiga adalah harus hafal Al-Quran juz 30. Sekolah telah membuat program bagi murid kelas 6 yang hafal juz 30 agar hafalannya baik dan benar maka diadakan munaqosah.

Awalnya pelaksanaan munaqosah kita bergabung dengan sekolah se-Kecamatan Panji, namun pada Tahun 2020 kemarin dikarenakan terjadi pandemi Covid-19 dan Kecamatan Panji tidak mengadakan, maka SDI Nurul Anshor berinisiasi menyelenggarakan kegiatan munaqosah sendiri. Total jumlah siswa-siswi kelas 6 di SDI Nurul Anshor Situbondo ada 118 orang, namun yang mengikuti munaqosah hari ini sebanyak 60 orang dan sisanya masih proses setoran hafalan kepada guru agamanya sampai hafal Juz 30.

"Disekolah kita ada tujuh guru agama yang semuanya diberi tugas untuk membimbing anak-anak kelas 6 untuk menghafalkan Al-Quran Juz 30. Bagi siswa-siswi setelah mengikuti ujian munaqosah akan diberi sertifikat yang ditandatangani oleh Kepala Dinas Pendidikan. Hari ini juga diadakan tasyakuran sebagai bentuk rasa syukur kepada Allah SWT karena anak didik kita ditingkat kelas 6 bisa hafal juz 30," ungkapnya

PEWARTA: SIGIT PRAMONO

0 Comments: