Headlines
Loading...
Dukung Makmur, Wakil Bupati Malang Panen Raya Kentang di Ngantru

Dukung Makmur, Wakil Bupati Malang Panen Raya Kentang di Ngantru

NGANTANG MALANG, Zonapostindonesia.com - Wakil Bupati Malang, Drs. Didik Gatot Subroto, SH.MH hadir pada acara Panen Raya Budidaya Tanaman Kentang Program Makmur PT. Pupuk Kaltim di Desa Ngantru, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang, Selasa (25/1/2022).

Disampaikan Wakil Bupati Malang, bahwa hari ini merupakan momentum yang membahagiakan khususnya bagi petani di Desa Ngantru Kecamatan Ngantang, karena panen raya kentang dapat dilaksanakan sebagai hasil kerja keras semua pihak, utamanya para petani yang ada di Desa Ngantru.

Hadir dalam acara ini diantaranya Komisaris Pupuk Kaltim, Gustaaf AC Patty, SEVP Business Support, Meizar Effendi, SEUP Operasi Pemasaran, Gatot Gembiro, Kepala BRI Kanwil Malang, Rahmat Utomo, Tenaga Ahli DPR RI, OPD Kabupaten Malang, Mantan Sekjen Kementerian Pertanian, Momon Rusmono, Muspika Ngantang, Kepala Desa Ngantru dan para petani kentang desa setempat yang tergabung dalam Kelompok Tani Gemah Ripah 2.

''Panen raya ini kerjasama antara petani kentang Desa Ngantru bersama Pupuk Kaltim dengan target menjadi bagian wujud kerjasama oleh Pupuk Kaltim bersama Indofood dan petani kentang Ngantang. Produktivitas tanaman kentang mencapai 30-40 ton per hektar. Beberapa petani ada testimoni setelah mereka menggunakan Pupuk Kaltim penghasilannya meningkat dan tanahnya ada kecocokan sehingga menjadi gembur sehingga mampu menyejukkan petani," jelas Wakil Bupati Malang saat diwawancarai awak media seusai acara.

Wakil Bupati Malang menambahkan, terkait adanya problem kelangkaan pupuk yang menjadi problem sejumlah petani, secara khusus di kalangan para petani Kabupaten Malang sejatinya lantaran adanya fanatis pemilihan pupuk salah satu merk oleh para petani.

Ditegaskan Wakil Bupati Malang, sejumlah petani tersebut biasanya tergantung dengan merk produk salah satu pabrikan pupuk namun kemudian ada sebuah produk pupuk dari pabrikan lain, seperti Pupuk Kaltim justru dinilai petani mampu mendukung pertanian, salah satu contohnya yang sudah diakui para petani kentang Desa Ngantru.

''Sehingga ini merupakan edukasi bahwa ada pupuk lain yakni Pupuk Kaltim yang kualitasnya cukup luar biasa dan menjadikan hasil produktivitas pertaniannya meningkat dan mendukung keberadaan atau kondisi jenis tanahnya. Pemkab Malang memberikan dukungan secara khusus kepada petani ini terkait dengan subsidi menjadi lancar. Jangan sampai terhambat karena disaat pupuk ini terhambat maka ini akan berpengaruh terhadap proses dan metabolisme tanaman itu sendiri baik pangan dan holtikultura. Salah satunya pada pertanian tanaman padi, di saat mereka sedang berproses, namun stok pupuknya nggak ada, maka hasilnya akan berkurang,"tambahnya.    

Wakil Bupati Malang lantas juga menjelaskan kembali, begitu halnya dengan pertanian di bidang tanaman holtikultura, para petani harus disuport, ketika mereka membutuhkan nutrisi pada tanah pertaniannya diantaranya dengan kebutuhan pupuk, namun stok pupuknya langka. Maka, dengan adanya keberadaan Pupuk Kaltim seperti di Ngantang ini akan mendapatkan dukungan juga dari ada distributor yang sebenarnya juga mulai menghitung terkait berapa jumlah area pertanian yang ada di Kabupaten Malang, terkait jumlah kepentingan dan keperluan pupuk di wilayah Kabupaten Malang.

''Tidak itu saja karena ada perbandingan oleh tim Pupuk Kaltim terhadap para petani sehingga karena pertanian di Kabupaten Malang itu variasi. Ngantang yang berdekatan dengan Gunung Kelud jenis tanahnya jelas berbeda dengan yang berada di Karangploso dan Malang Selatan yang cenderung tanahnya kapur. Begitu juga di dekat Bromo yang tanahnya cenderung humus. Maka ini harapan kami Pupuk Kaltim mengedukasi manajemen pasar dan pertanian sehingga ditemukan tingkat kecocokan dan disesuaikan uji klinis. Sehingga kelak bisa bersama-sama petani dengan menerima kehadiran Pupuk Kaltim lantaran dinilai mampu mendukung hasil pertanian Kabupaten Malang," pungkas Wakil Bupati Malang.

PEWARTA: DW SURYA

0 Comments: