Headlines
Loading...
Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP), Lakukan Penanaman Padi Calon Varietas Unggul Baru (VUB)

Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP), Lakukan Penanaman Padi Calon Varietas Unggul Baru (VUB)

BONDOWOSO, Zonapostindonesia.com - Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan petani, Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) melakukan penanaman padi calon varietas unggul baru (VUB), yang bertempat di Lahan BPP (Balai Penyuluhan Pertanian) Kapongan, Selasa (11/01/2022).

Bupati Kabupaten Situbondo Drs. H. Karna Suswandi, MM., menyampaikan hari ini dilakukan penanaman 19 galur yang diproyeksikan menjadi varietas unggul baru dan akan diberi nama BK Situbondo. Kemarin sudah pernah mencoba varietas padi BK 700 sama BK 900 dan hasilnya maksimal, tetapi masih belum tahan terhadap penyakit hama penggerek batang.

Sehingga pihaknya mencoba bekerja-sama dengan Tim Balai Besar Tanaman Padi Badan Penelitian Pengembangan Tanaman Kementerian Pertanian untuk bisa membantu Kabupaten Situbondo didalam menemukan sebuah varietas yang mampu meningkatkan hasil produksi padi.

"Dari 19 galur unggul yang ada, nanti kita akan pilih paling yang terbaik untuk dikembangkan di Kabupaten Situbondo. Diharapkan kedepannya kita menemukan varietas yang benar-benar unggul untuk dapat meningkatkan kesejahteraan petani Situbondo," harapnya.

Sementara itu, Kepala DTPHP Kabupaten Situbondo, Drs. Hariyadi Tedjo Laksono menerangkan bahwa dalam menindak-lanjuti RPJMD Bupati, yakni program prioritas padi unggul, maka Dinas Pertanian Situbondo menjalin kerjasama dengan Banlitbangtan yang bergerak di bidang penelitian padi.

Balai Besar (BB) penelitian padi di Subang, disana banyak pemulia-pemulia padi yang menghasilkan berbagai macam varietas unggul, tentunya sudah dilepas oleh Kementerian Pertanian. Untuk memperoleh varietas padi yang akan diberi nama BK Situbondo, maka harus melalui tahapan uji coba galur unggul seperti saat ini.

"Jadi tujuan pengujian ini untuk mencari varietas padi yang memiliki daya hasil produksi yang tinggi, tahan terhadap berbagai penyakit dan umur penanamannya tidak terlalu lama." Terangnya.

PEWARTA: SIGIT PRAMONO

0 Comments: