Headlines
Loading...
Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Terus Galakan Program Vaksinasi, Guna Cegah Virus Omicron

Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo Terus Galakan Program Vaksinasi, Guna Cegah Virus Omicron

SITUBONDO, Zonapostindonesia.com - Dalam langkah pencegahan penyebaran Covid-19 varian baru Omicron, Dinas Kesehatan Kabupaten Situbondo terus menggalakan program vaksinasi. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Situbondo Bpk Dwi H Susilo kepada awak media di ruang kerjanya, Rabu (5/1/2022).

Menurutnya pencapaian vaksinasi di Kabupaten Situbondo saat ini berada di angka 66,58 persen dan hampir mencapai di angka 70 persen. Diharapkan kesadaran masyarakat terhadap vaksinasi terus meningkat, sehingga dapat terbentuk herd immunity dan bisa terhindar dari penularan Covid-19 varian omicron.

Pihaknya terus menghimbau kepada masyarakat supaya selalu mematuhi protokol kesehatan. Kemarin ketika perayaan tahun baru, Satgas Covid-19 kabupaten melakukan operasi yustisi penegakan protokol kesehatan dan vaksinasi ditempat.

"Seperti di Pelabuhan Jangkar, bagi para calon penumpang kapal diwajibkan untuk melakukan tes swab sebagai langkah antisipasi. Kita juga menyiapkan tempat isolasi bagi pasien Covid-19 di empat Puskesmas, seperti di Puskesmas Besuki, Puskesmas Mlandingan, Puskesmas Arjasa dan Puskesmas Kendit," terangnya.

Lebih lanjut, Ia menambahkan bahwa memang diakui salah satu kendala yang cukup berat di Kabupaten Situbondo adalah partisipasi dan kesadaran masyarakat terhadap vaksinasi masih rendah.

Maka untuk mengatasi hal tersebut, kita melakukan berbagai upaya seperti mengadakan sayembara berhadiah bagi masyarakat yang menerima vaksin dosis satu, yaitu dimulai tanggal 5 Januari sampai Bulan Februari 2022.

Perlu diketahui, penyuntikan vaksinasi untuk anak usia 6 sampai 11 tahun masih belum dilaksanakan karena menunggu pencapaian vaksin di angka 70 persen.

PEWARTA: SIGIT PRAMONO 

0 Comments: