Headlines
Loading...
APDESI Kabupaten Situbondo Jalin Kerjasama Dengan Universitas Abdurrachman Saleh (Unars), Guna Membangun dan Memajukan Pemerintahan Desa

APDESI Kabupaten Situbondo Jalin Kerjasama Dengan Universitas Abdurrachman Saleh (Unars), Guna Membangun dan Memajukan Pemerintahan Desa

SITUBONDO, Zonapostindonesia.com - Di awal Tahun 2022, Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Situbondo menjalin kerjasama dengan perguruan tinggi Universitas Abdurrachman Saleh (Unars) dibidang pendidikan melalui penandatanganan MoU, yang bertempat di ruang pertemuan Unars (Universitas Abdurrahman Saleh) Situbondo, Rabu (5/1/2022).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Rektor Unars Situbondo, Wakil Rektor, Ketua dan anggota Apdesi Situbondo.

Drs. Karnadi, M.Si., selaku Rektor Unars Situbondo menyampaikan pihaknya menyambut baik adanya sinergitas yang dibangun bersama Apdesi. Sehingga harapan kedepannya dapat membangun dan memajukan Pemerintahan Desa yang ada di Kabupaten Situbondo khususnya.

Perguruan tinggi Unars menerapkan program kampus merdeka, jadi mahasiswa dapat mengikuti pembelajaran di luar kampus selama satu semester dan mendapatkan nilai SKS, salah satunya dengan cara magang di Pemerintahan Desa. Lalu, MoU yang ditanda-tangani berdasarkan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pengabdian, penelitian dan pembelajaran.

"Membangun Kabupaten Situbondo harus dilakukan bersama-sama dengan melibatkan semua elemen masyarakat. Seperti tokoh agama, tokoh masyarakat, akademisi ataupun elemen lainnya. Unars Situbondo telah memberikan kontribusi yang cukup besar kepada Pemerintah Daerah, diantaranya peningkatan SDM, memberikan pelatihan digital marketing kepada pelaku UMKM Situbondo, memetakan potensi desa yang digarap oleh mahasiswa KKN dan memberikan beasiswa kepada masyarakat yang kurang mampu," jelasnya.

Sementara itu, H. Juharto selaku Ketua Apdesi Situbondo menyampaikan rasa terima kasih kepada rektor beserta para dosen yang telah memberikan ruang kepada Kepala Desa dalam mengembangkan kapasitas di bidang pendidikan, seperti Pemerintah Desa agar mengirimkan warganya untuk mendapatkan beasiswa kuliah di Unars Situbondo.

Selain itu kedepannya diharapkan juga ada kerja-sama bidang pertanian, hukum, ekonomi, teknologi dan lainnya, sehingga dapat menggali potensi yang ada di setiap desa.

"Tujuan dari MoU ini adalah untuk penguatan desa. Terkait teknis kerja-sama MoU, nanti kami akan mengumpulkan semua Kepala Desa se Kabupaten Situbondo untuk menerima penjelasan dan pemahaman dari pihak Unars." Jelas Kades Banyuputih.

PEWARTA: SIGIT PRAMONO

0 Comments: