Headlines
Loading...
197.793 Warga Masyarakat Banyuwangi, Jadi Sasaran Vaksinasi Booster Covid 19 dan 91,61 Persen Nakes Di Banyuwangi Sudah Divaksin Booster.

197.793 Warga Masyarakat Banyuwangi, Jadi Sasaran Vaksinasi Booster Covid 19 dan 91,61 Persen Nakes Di Banyuwangi Sudah Divaksin Booster.

BANYUWANGI, zonapostindonesia.com - Vaksinasi bosster covid 19 di Banyuwangi akan menyasar 197.793 lansia dan menargetkan 570.793 masyarakat rentan di awal pelaksanaan vaksinasi boooster di Banyuwangi.

Banyuwangi dianggap sudah layak melakukan vaksinasi booster karena sudah memenuhi ketentuan dari kementerian kesehatan RI yaitu telah mencapai target vaksinasi satu sebanyak 70 persen dan 60 persen vaksinasi lansia. Para tenaga kesehatan  di Banyuwangi sebanyak 6.080 orang mendapatkan suntikan vaksinasi boooter, dari jumlah itu 91.61 persen sudah disuntik vaksinasi bosster. Minggu, (16/01/2022).

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan kita akan terus mengencarkan Vaksinasi dosis ke tiga pada lansia dan masyarakat rentan. Mereka adalah kelompok masyarakat yang akan menjadi sasaran vaksinasi booster. Kita sudah bisa melakukan vaksinasi booster karena kita sudah memenuhi ketentuan dari kementerian kesehatan RI., indikasinya adalah capaian vaksinasi dosis satu melebihi target 70 persen dan juga capaian vaksinasi lansia juga memenuhi target yaitu 60 persen.

“Capaian vaksinasi dosis satu kita pertanggal 14 Januari 2022 mencapai 87,19 persen dan vaksinasi lansia mencapai 73,58 persen.” tutur Ipuk Fiestiandani.

PLT Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banyuwangi Amir Hidayat menjelaskan kegiatan vaksinasi booster di Banyuwangi dimulai sejak 12 Januari 2022 serentak di seluruh kecamatan di wilayah kabupaten Banyuwangi.

Dalam kegiatan vaksinasi booster itu juga dilakukan vaksinasi pada anak-anak dan telah mencapai 60 persen dan akan terus kita tingkat sampai seluruh sasaran vaksinasi sudah selesai kita vaksin covid 19. Syarat untuk bisa mendapatkan vaksinasi booster adalah wajib sudah mendapatkan vaksin satu dan dua, interval jarak antara vaksin satu dan dua adalah 6 bulan.

Selain kedua kelompok itu vaksinasi dibuka untuk masyarakat umum umur 18 tahun ke atas dengan persyaratan seperti yang sudah saya jelaskan yaitu harus sudah divaksin satu dan dua dan jaraknya antara vaksin satu dan dua adalah 6 bulan. Bagi yang sudah memenuhi ketentuan tersebut bisa langsung mendatangi gerai layanan vaksinasi terdekat.

Pelaksanaan vaksinasi booster akan kita lakukan bertahap menyesuaikan dengan ketersediaan vaksin dari pemerintah pusat.saat ini vaksin booster yang ada di Banyuwangi sangat mencukupi.

“Vaksin booster yang kita siapkan yaitu vaksin pfister, astra dan seneca. Pemanfaatannya akan kita sesuaikan dengan jenis vaksin yang sudah didapatkan warga sebelumnya. Misalnya sebelumnya mendapatkan vaksin sinovac maka bisa divaksin booster jenis pfiser atau Astra.” jelas Amir Hidayat.

Sebelum pelaksanaan vaksinasi booster di Banyuwangi dilakukan, semua tenaga kesehatan (Nakes) di Banyuwangi sudah mendapat suntikan vaksin booster, dari 6.080 orang nakes, 91,61 persen sudah disuntik vaksin booster.

PEWARTA: ROFI'I

0 Comments: