Headlines
Loading...
Wakil Bupati Malang Lakukan Serah Terima PSU Perumahan di Wilayah Kabupaten Malang

Wakil Bupati Malang Lakukan Serah Terima PSU Perumahan di Wilayah Kabupaten Malang

DAU MALANG, Zonapostindonesia.com - Wakil Bupati Malang, Drs. Didik Gatot Subroto, S.H, M.H, menghadiri acara Serah Terima Prasarana, Sarana dan Utilitas (PSU) Perumahan di Wilayah Kabupaten Malang, acara berlangsung di Club House Perumahan Austinville Kecamatan Dau, Selasa (28/12/2021) pagi.

Pada kesempatan ini turut hadir Dandim 0818 Malang-Batu, Letkol Inf. Yusub Dody Sandra S.I.P., M.I. Pol, Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, dan beberapa Jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Malang.

Kegiatan ini dalam rangka untuk mewujudkan visi Pemerintah Kabupaten Malang yang Bersatu, Berdaulat, Mandiri, Sejahtera dan Berkepribadian dengan Semangat Gotong Royong berdasarkan Pancasila dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika. Oleh sebab itu Pemerintah Kabupaten Malang terus berupaya melaksanakan pembangunan di berbagai bidang, termasuk pembangunan pada bidang perumahan dan infrastruktur.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati Malang menyampaikan “keberadaan PSU sebagai hasil upaya pemenuhan rumah yang layak huni menjadi sangat penting, mengingat PSU merupakan kelengkapan fisik yang mendukung terwujudnya perumahan yang sehat, aman dan terjangkau. Sehingga, dengan demikian ketersediaan PSU menjadi bagian yang tidak terpisahkan dari upaya pengembangan perumahan dan kawasan permukiman di Kabupaten Malang,” ujar Wakil Bupati Malang.

Disamping itu penyerahan PSU ini juga merupakan bentuk tanggung jawab pengembang kepada Pemerintah Kabupaten Malang untuk membantu dan memudahkan pemerintah dalam mengontrol, melakukan pengawasan, pengendalian dan pengembangan perumahan. Oleh karena itu, setiap pengembang diwajibkan menyerahkan PSU kepada Pemerintah Daerah untuk menjamin keberlanjutan pemeliharaan dan pengelolaan PSU di lingkungan perumahan dan permukiman.

“Target penyerahan PSU tahun 2021 telah ditetapkan sebanyak 100 perumahan dan Alhamdulillah progres penyerahan PSU hingga bulan Desember tahun 2021 telah melampaui target tersebut, dengan penyerahan PSU mencapai 103 perumahan, Penyerahan PSU tersebut berupa tanah seluas 842.449 m2 atau senilai 454,9 miliar rupiah,” jelas Wakil Bupati Malang.

Wakil Bupati Malang juga mengucapkan terima kasih atas kontribusi rekan-rekan pengembang yang tidak hanya sekedar mematuhi peraturan semata melainkan juga memiliki rasa tanggung jawab dalam menyediakan infrastruktur perumahan yang layak huni sebagai bagian dari pembangunan daerah untuk mewujudkan masyarakat Kabupaten Malang yang sejahtera.

Keberhasilan penyerahan PSU perumahan tahun 2021 yang melampaui target menunjukkan adanya peningkatan kesadaran dari para pengembang dalam menuntaskan kewajibannya.

“Perhatian pengembang terhadap penyerahan PSU perlu ditingkatkan mengingat rasio jumlah pengembang yang telah menyerahkan PSU masih cukup jauh jika dibandingkan dengan keseluruhan jumlah pengembang perumahan yang ada di Kabupaten Malang, saya menitipkan pesan kepada para pengembang yang tergabung dalam asosiasi REI, APERSI, maupun asosiasi pengembang perumahan lainnya, untuk segera menyerahkan PSU perumahan kepada Pemerintah Kabupaten Malang dan kepada jajaran perangkat daerah terkait, saya berharap untuk tetap berkoordinasi, bekerja sama, dan mengawal pelaksanaan penyerahan PSU sesuai tugas dan fungsinya” ujar Wakil Bupati Malang.

Terakhir, Wakil Bupati Malang menyampaikan “Pertahun Pemerintah Kabupaten Malang di minta untuk 100 unit artinya secara bertahap kita sudah melebihi itu, untuk tahun 2022 ini akan menjadi target yang kedua dengan harapan secara bertahap seluruh perumahan di Kabupaten Malang dari 508 pengembang bisa terselesaikan oleh sebab itu, hal ini menjadi bagian pemerintah saat aset diserahkan kepada pemerintah maka konsekuensi pemeliharaan akan disampaikan pemerintah karena harus ada yang disiapkan pemerintah daerah secara khusus dalam rangka memberikan kewajiban melakukan pemeliharaan di lapangan” ucap Wakil Bupati Malang di depan awak media.

PEWARTA: DW SURYA

0 Comments: