Headlines
Loading...
Sekda Kabupaten Malang dampingi Kunker Gubernur Jatim

Sekda Kabupaten Malang dampingi Kunker Gubernur Jatim

WAJAK MALANG, Zonapostindonesia.com -  Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, mendampingi kunjungan kerja Gubernur Jawa Timur (Jatim), Khofifah Indar Parawansa pada acara Kegiatan Pengkayaan Vegetasi Njulung Agroedu Tourism, bertempat di Wisata Njulung Agroedu Tourism, Kecamatan Wajak, Senin (20/12/2021) siang. Turut mendampingi beberapa jajaran Perangkat daerah serta Muspika Kecamatan Wajak.

Kegiatan ini merupakan program yang dilakukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yang bekerjasama dengan Pemerintah Daerah Provinsi dan Kabupaten Kota dengan tujuan untuk mengembalikan dan memperbaiki kualitas lingkungan agar dapat berfungsi sesuai peruntukan tata rung yang ada.

Program in lebih difokuskan pada lahan - lahan rusak, kegiatan pertambangan khususnya Pertambangan Tanpa Izin (PETI) yang dilakukan oleh masyarakat dan telah ditinggalkan khususnya di tanah tanah dengan status kepemilikan sebagai tanah negara.

Pada sambutannya Sekda Kabupaten Malang menyampaikan ucapan Selamat Datang kepada Gubernur Jatim, pertemuan ini dalam rangka pelaksanaan Kegiatan Pengkayaan Vegetasi Njulung Argo Edu Tourism.

“Saya tentu menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini yang tentunya sangat strategis dan saya yakin akan memberikan manfaat yang positif pula bagi sektor pertanian dan lingkungan hidup utamanya di wilayah Kecamatan Wajak,” ucap Sekda Kabupaten Malang.

Meneruskan sambutannya Sekda Kabupaten Malang menjelaskan bahwa selain dapat menunjang kebutuhan ekonomi aktivitas penambangan di sisi lain juga dapat menimbulkan permasalahan lingkungan hidup, seperti kerusakan lahan, perubahan bentang alam, hilangnya habitat flora dan fauna endemik, dan juga berpotensi menimbulkan bencana tanah longsor jika curah hujan tinggi. Dampak negatif inilah yang diupayakan untuk diminimalisir dengan cara rehabilitasi lahan.

Untuk itu upaya rehabilitasi lahan bekas tambang ini dilakukan dengan melihat potensi dari wilayah yang terdampak, sehingga pemulihannya akan memberikan dampak positif bagi kelestarian ekosistem dan peningkatan ekonomi masyarakat lokal.

“Saya sampaikan terima kasih kepada Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan serta semua pihak yang telah berkontribusi, sehingga berhasil merubah lingkungan bekas tambang di Desa Bambang ini menjadi kawasan produktif dan sehat kembali,” ucap Sekda Kabupaten Malang.

Terakhir, Sekda Kabupaten Malang berharap tidak ada kendala yang berarti dalam upaya sinergi pemulihan lahan kritis disini dan semoga keberhasilan Njulung Agro Edu Tourism dapat membuka jalan untuk pemulihan lahan kritis lainnya di Kabupaten Malang.

Maksud dari terselenggaranya kegiatan ini agar Pemerintah Kabupaten/Kota dapat mendukung upaya Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi dalam rangka perwujudan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan utamanya di Lokasi yang rawan bencana banjir dan longsor.

Tujuan kegiatan ini untuk Mengurangi erosi dan sedimentasi daerah aliran sungai Lesti sebagai anak sungai DAS Brantas, Sebagai tampungan air hulu DAS Brantas, Perwujudan kerjasama multi pihak/Penta Helix, Penambahan keanekaragaman hayati dengan pengkayaan jenis vegetasi dan untuk meningkatkan ekologi dan ekonomi bagi BumDes secara khusus yang berkelanjutan dengan pengelolaan Njulung Agroedu Tourism dan peningkatan ekonomi masyarakat sekitar secara tidak langsung.

Dalam rangka kegiatan ini Gubernur Jatim juga melakukan penanam bibit pohon, sebanyak 4000 batang bibit tanaman, meliputi 1000 batang bibit Sawo kecik, 1000 batang bibit Alpukat, 1000 Batang bibit Sukun dan 1000 batang bibit Nangka. Tak hanya itu Gubernur Jatim juga memberikan santunan kepada 29 orang anak yatim piatu.

PEWARTA: DW SURYA

0 Comments: