Headlines
Loading...
Sedikit Lagi, Upaya Pemerintah Bondowoso Dalam Mencapai Desa ODF

Sedikit Lagi, Upaya Pemerintah Bondowoso Dalam Mencapai Desa ODF

BONDOWOSO, Zonapostindonesia.com - Open Defecation Free (ODF) atau Stop Buang Air Besar Sembarangan adalah kondisi ketika setiap individu dalam komunitas tidak buang air besar sembarangan, Pembuangan tinja yang tidak memenuhi syarat sangat berpengaruh pada penyebaran penyakit berbasis lingkungan. Hal itu kerap terjadi di lingkungan pedesaan.

Dari 209 Desa se-Kabupaten Bondowoso, sebanyak 172 Desa yang telah berstatus Desa ODF, yang dibuktikan dengan dikukuhkannya 48 Desa oleh Bupati Bondowoso K. H. Salwa Arifin. Pengukuhan tersebut bertempat di Pendopo Bupati Bondowoso, Selasa, (07/12/2021).

Berhasilnya Desa untuk mencapai status ODF itu, tidak lepas dari dukungan Dana Desa yang tentunya sebagai wujud kepedulian Kepala Desa terhadap kesehatan warganya di bidang kesehatan lingkungan.

"Beberapa desa yang belum ODF dan untuk peningkatan kualitas ODF di masing-masing Desa, maka diharapkan juga peran serta Camat di semua wilayah Kabupaten Bondowoso untuk terus mendukung Desa dalam penganggaran Dana Desa khususnya pengalokasian jamban dan sanitasi." Ucap Bupati Bondowoso.

Salwa juga menyampaikan bahwa Sanitasi yang layak dan ketersediaan air bersih yang cukup, dengan dukungan program PAMSIMAS (Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat) mempunyai daya dukung yang signifikan dalam mendukung penurunan angka stunting.

"Hal ini memicu kita untuk segera mengatasi masalah sanitasi di Kabupaten Bondowoso, sehingga tidak timbul lagi masalah-masalah kesehatan lainnya. Program-program yang lain juga lebih mudah diangkat, seperti kasus stunting, tatanan kabupaten sehat, teratasinya kasus penyakit menular dan beberapa hal lain yang terkait erat dengan masalah sanitasi." Tuturnya.

Lalu, KH. Salwa memberikan ucapan Selamat kepada 48 Desa di 18 Kecamatan yang dikukuhkan sebagai Desa ODF.

"Selamat kepada 3 Kecamatan yang menjadi juara lomba FKKS (Forum Komunikasi Kecamatan Sehat), sebagai bagian dari upaya pemantapan program forum kabupaten sehat. Terakhir, sekali kami menghimbau kepada semua yg hadir pada pagi hari ini untuk bekerjasama, saling mendukung dalam melakukan yang terbaik bagi diri kita sendiri serta bagi orang-orang disekitar kita." Imbuhnya.

PEWARTA: IMRON RASYIDI

0 Comments: