Headlines
Loading...
Sambut Kunjungan Plh Sekda Provinsi Jatim, Wakil Bupati Malang Hadiri Gebyar Kopi dan Kakao Jawa Timur 2021

Sambut Kunjungan Plh Sekda Provinsi Jatim, Wakil Bupati Malang Hadiri Gebyar Kopi dan Kakao Jawa Timur 2021

DAU MALANG, Zonapostindonesia.com - Wakil Bupati Malang, Drs. Didik Gatot Subroto, S.H, M.H, mendampingi Pelaksana harian (Plh) Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur (Jatim) Dr. Ir. Heru Tjahjono, M.M. menghadiri acara Gebyar Kopi dan Kakao Jawa Timur Tahun 2021, bertemakan “Kopi dan Kakao Jawa Timur Untuk Lokal, Nasional dan Global” yang diselenggarakan oleh Dinas Perkebunan Provinsi Jatim.

Acara ini berlangsung di Warung Kopi Van Java Kecamatan Dau, Jum’at (10/12/2021) siang. Kegiatan ini turut di hadiri oleh Wali Kota Batu Hj. Dra. Dewanti Rumpoko, M.Si., beberapa jajaran perangkat daerah Provinsi Jatim, Kota batu dan Kabupaten Malang.

Pada sambutannya Wakil Bupati Malang menyampaikan Selamat Datang kepada Plh Sekda Provinsi Jatim, Merupakan suatu kehormatan dan kebanggaan bagi Pemerintah Kabupaten Malang dapat menerima kunjungan ini.

“Saya menyambut baik pertemuan dan pelaksanaan event ini yang tentunya sangat strategis, dan saya yakin akan memberikan manfaat yang positif bagi dunia usaha khususnya yang bergerak di sektor usaha kopi maupun cokelat,” ucap Wakil Bupati Malang.

Melanjutkan sambutannya, Wakil Bupati Malang menjelaskan bahwa dalam beberapa tahun terakhir komoditas kopi maupun cokelat menunjukan perkembangan yang begitu pesat.

Kopi dan cokelat telah menjadi komoditas unggulan yang mampu memberikan manfaat ekonomi hampir di setiap lapisan masyarakat. Mulai dari tingkat hulu seperti petani dan pengolah kopi, hingga di tingkat hilir seperti para pengusaha kopi, barista, dan coffee roaster.

Dalam hal ini potensi kopi dan kakao di Kabupaten Malang berdasarkan data yang ada luas areal Kopi Robusta di Kabupaten Malang sampai Tahun 2021 mencapai 19.605 Ha, dengan produksi mencapai 14.129 Ton.

Sedangkan luas areal Kopi Arabika mencapai    1.880 Ha, dengan produksi mencapai 690 Ton. Sementara untuk luas areal kakao 4.066 Ha, dengan produksi mencapai 3.674 Ton.

Melihat potensi ini tentu Pemerintah Kabupaten Malang berharap iklim sektor usaha kopi dan coklat dapat terus bergeliat.

“Untuk itulah gelaran event seperti ini perlu terus diselenggarakan secara rutin dan berkelanjutan, Karena disinilah tempat strategis bagi anak-anak muda yang kreatif untuk berkolaborasi dengan para petani, dimana para petani pun juga akan semakin antusias untuk belajar, dan bersemangat meningkatkan produktivitas kopi maupun kakao,” pungkas Wakil Bupati Malang.

Terakhir, Dalam sambutannya Wakil Bupati Malang berharap “Saya ingin agar diantara para pelaku usaha perkopian dan kakao dapat terbentuk kerjasama yang baik, saling memahami peran masing-masing, serta saat ada persaingan usaha pun juga diharapkan masih dalam koridor pesaingan sehat tanpa saling menjatuhkan. Karena pada dasarnya, tujuan kita semua sama, yaitu untuk memajukan dunia kopi dan cokelat nusantara” harap Wakil Bupati Malang.

Disamping itu Plh Sekretaris Daerah Provinsi Jatim Dr. Ir. Heru Tjahjono, M.M. Berpesan agar “jika kita sedang ngopi di mall, jangan ngopi di mall tetapi minum kopi di luar mall, bila perlu kita bawa kopinya sendiri, inilah yang perlu dilakukan bahwa berhenti ngopi di mall agar kita ngopi dari produk kita sendiri, mudah-mudahan dengan pameran kopi ini kita bisa membangkitkan kopi-kopi kita untuk mengalahkan kopi dari luar negeri” tutur Sekda Provinsi Jatim.

PEWARTA: DW SURYA

0 Comments: