Headlines
Loading...
Ratusan nelayan dari Kota Probolinggo,  Lakukan Aksi Unjuk Rasa Damai di Pelabuhan Kalbut

Ratusan nelayan dari Kota Probolinggo, Lakukan Aksi Unjuk Rasa Damai di Pelabuhan Kalbut

SITUBONDO, Zonapostindonesia.com - Dalam cuaca agak gerimis, ratusan nelayan dari Kota Probolinggo berkumpul di Kantor Kesyahbandaran Pelabuhan Kalbut. Tujuan kedatangannya adalah untuk melakukan aksi unjuk rasa damai. Mereka menginginkan pembebasan anggota keluarga, kerabat serta 5 kapal yang ditangkap, Selasa (21/12/2021).

"Kedatangan kami tidak akan membuat kerusuhan. Hanya meminta keadilan dan kepastian hukum," teriak salah seorang perwakilan dalam orasinya.

Bahkan memberi peringatan tidak akan kembali atau pulang sebelum ada kepastian bahwa para nelayan dan kapal yang ditahan bisa pulang bersama mereka.

Para emak-emak yang turut dalam aksi demo damai ini tak kalah garangnya. Salah seorang emak emak dengan lantang mengatakan, "anak saya ingin bertemu bapaknya yang sudah beberapa hari belum pulang".

Hasil negosiasi antara perwakilan aksi dengan pihak terkait menghasilkan kesepakatan yaitu para ABK dan 5 kapal yang ditahan bebas namun bersyarat. Status kapal pinjam pakai.

H. Muhammad Hambali koordinator aksi mengungkapkan hanya kesalahpahaman. Dan dia atas nama nelayan Probolinggo meminta maaf.

"Alhamdulillah tuntutan kami mendapat respon. Pengembalian kapal pada pemiliknya. Dan Insyaallah ABK juga pulang semua. Pulang bersyarat," tegas H. Hambali.

Disisi lain, Yogi selaku Sub Koordinator Operasional Pengawasan dan Penanganan Pelanggaran Pangkalan PSDKP Benoa menjelaskan proses hukum sesuai perjanjian tetap berjalan. Dan berharap mereka tetap kooperatif serta selalu sesuai dengan yang sudah disepakati bersama.

"Kepada rekan media tolong diinfokan juga Permen Nomor 18 bahwa kapal cantrang dilarang. Tolong dilihat, disana ada namanya jaring tarik berkantong. Teknik operasi mulai dari selambar, sayap dan badan itu sama. Perbedaannya hanya di masalah kantong saja harus pakai wiremesh," terangnya.

PEWARTA: SIGIT PRAMONO

0 Comments: