Headlines
Loading...
Penyelamatan Arsip dan Dokumen, Pemkot Batu Gelar Seminar Kearsipan

Penyelamatan Arsip dan Dokumen, Pemkot Batu Gelar Seminar Kearsipan

BATU MALANG, Zonapostindonesia.com - Sebagai upaya penguatan peran Sumber Daya Manusia Bidang Kearsipan, Pemerintah Kota Batu melalui Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu menggelar Seminar Kearsipan di Graha Pancasila Balaikota Among Tani, Senin (06/12/2021) pagi.

Seminar kali ini bertajuk “Peran SDM Kearsipan dalam Mengubah Ancaman Covid-19 menjadi Peluang dalam mendukung terwujudnya penyelamatan arsip sebagai bahan akuntabilitas dan warisan dokumenter”.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Batu, Santi Restuningsasi, mengatakan, Pandemi Covid-19 yang berlangsung mulai tahun 2020 telah membawa dampak yang begitu besar. Pengelola Arsip memiliki peran untuk mengelola arsip sebagai warisan dokumenter.

"Data arsip selama Covid-19 yang dikelola 2020-2021akan sangat berguna dan bisa dikemas sebaik mungkin. Karena kearsipan bisa menjadi penyelamat informasi masyarakat, bahan akuntabilitas dan warisan dokumenter," kata Santi.

Sementara itu, Ketua Asosiasi Arsiparis Indonesia (AAI) Provinsi Jatim, Tidor Arif T. Djati, menyampaikan, penanganan pandemi menjadi peluang bagi bidang kearsipan dalam menyelamatkan arsip-arsip Covid-19.

"Pengelola arsip berperan untuk mewujudkan dan mendukung arsip sebagai bahan akuntabilitas, warisan dokumenter dan bagian memori kolektif bangsa," katanya.

PEWARTA: DW SURYA

0 Comments: