Headlines
Loading...
Penerapan Sistem Merit, Kabupaten Malang Raih Predikat “BAIK” Penghargaan KASN

Penerapan Sistem Merit, Kabupaten Malang Raih Predikat “BAIK” Penghargaan KASN

KEPANJEN MALANG, Zonapostindonesia.com - Pemerintah Kabupaten Malang berhasil meraih penghargaan Kategori Baik dalam Penerapan Sistem Merit di instansi pemerintah yang diadakan oleh Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Hal ini ditandai dengan penyerahan piagam hasil penilaian sistem Merit oleh Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara Prof. Agus Pramusinto, penghargaan tersebut diterima langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang Dr. Ir. Wahyu Hidayat dalam acara "Anugerah Meritokrasi" di The Westin Grand Ballroom tepatnya di Jl. Raya Lontar No.2, Kota Surabaya, Jawa Timur pada Selasa, (07/12/2021) pagi.

Pencapaian ini sebagai wujud keseriusan Pemerintah Kabupaten Malang dalam mencapai tujuan Reformasi Birokrasi yaitu pemerintahan yang profesional, terintegrasi, berkinerja tinggi, mampu melayani publik dengan baik, sejahtera, berdedikasi, serta memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik aparatur negara.

Tentunya prestasi dan pencapaian yang luar biasa dimana Pemkab Malang mampu menyelesaikan Pekerjaan Rumah (PR) yakni Sistem Merit yang menjadi agenda pembangunan. Meliputi upaya meningkatkan SDM yang berkualitas dan berdaya saing.

'Apa yang sudah dicapai Pemkab Malang merupakan penilaian tertinggi dengan menitik beratkan pada proses perencanaan, disiplin, manajemen kinerja hingga sistem penggajian. Pemkab Malang telah melaksanakan penilaian Sistem Merit melalui verifikasi oleh Komisi Aparatur Sipil Negara pada tanggal 15 Juni 2021.

“Hasil dari penilaian tersebut yakni Pemkab Malang meraih nilai sebesar 261 dengan predikat Baik Kategori III. Hal tersebut berarti Pemkab Malang sudah menerapkan prinsip Merit dalam sebagian besar aspek manajemen ASN dan dapat dikecualikan dari pelaksanaan seleksi terbuka dalam pengisian JPT, namun dengan pengawasan KASN dan dievaluasi setiap tahun," jelas Sekretaris Daerah Kabupaten Malang.

Dijelaskan, dari delapan Aspek Sistem Merit, terdapat tiga Aspek Sistem Merit ASN yang telah diterapkan lebih dari 80%, yaitu: aspek Pengadaan: Penggajian, Penghargaan dan Disiplin serta aspek Perlindungan Pelayanan.

Kesempatan ini dapat menjadi wadah koordinasi dan sinergi antar seluruh Perangkat Daerah untuk melakukan evaluasi terhadap penerapan Sistem Merit di Kabupaten Malang agar lebih optimal dan lebih baik lagi.

Selain itu, beliau juga berharap momentum ini juga mampu menciptakan kesamaan persepsi dan memberikan pemahaman yang komprehensif tentang penerapan Sistem Merit beserta manfaatnya.

Pasalnya, pada dasarnya penerapan Sistem Merit dalam tata kelola ASN adalah untuk menjamin keadilan dalam pengangkatan, penempatan, penugasan dan pengembangan Sumber Daya Manusia secara terencana dan tidak diskriminatif serta semuanya berbasis pada kompetensi atau kinerja ASN yang dinilai secara adil.

Untuk menjamin keberhasilan pembangunan, dibutuhkan kemampuan kepemimpinan dan manajerial yang mumpuni. Bilamana strategi, kebijakan, program dan kegiatan sudah tertata dengan baik, maka tinggal bagaimana SDM yang handal mampu mengambil peran untuk menjamin keberhasilan penerapan berbagai aspek tersebut dengan baik.

“Penerapan Sistem Merit bertujuan agar setiap jabatan di instansi pemerintah diduduki oleh orang yang tepat, yang memenuhi persyaratan kualifikasi dan kompetensi kualifikasi dan kompetensi jabatan serta berpotensi menghasilkan kinerja tinggi. Pemkab Malang harus mampu mendorong percepatan pembangunan talent pool dan rencana suksesi. Keduanya harus didasarkan pada profil kompetensi dan kinerja pegawai," pungkas Sekretaris Daerah Kabupaten Malang.

PEWARTA: DW SURYA

0 Comments: