Headlines
Loading...
Pemkab Malang Terima Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2021 dengan Kategori “Sangat Inovatif”

Pemkab Malang Terima Penghargaan Innovative Government Award (IGA) 2021 dengan Kategori “Sangat Inovatif”

KEPANJEN MALANG, Zonapostindonesia.com - Pemerintah Kabupaten Malang menerima penghargaan Innovative Government Award (IGA) Tahun 2021 yang diselenggarakan oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia pada Rabu (29/12/2021) pagi yang dilakukan secara daring di Pendopo Agung Kabupaten Malang. 

Sementara itu, Kemendagri menganugerahi penghargaan kepada Kabupaten Malang sebagai Pemerintah Daerah dengan Kategori Sangat Inovatif Tahun 2021, dan Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M. M., menerima penghargaan tersebut secara daring melalui zoom meeting.

Acara Penganugerahan Penghargaan IGA Tahun 2021 dihadiri oleh Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, serta jajaran Eselon I Kemendagri, Kementerian/Lembaga terkait lainnya. Acara yang diselenggarakan secara luring maupun daring ini bertempat di Gedung C Lantai 3 Ruang Sasana Bhakti Praja Kemendagri, Jl. Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat.

Kegiatan IGA, diselenggarakan oleh Kemendagri untuk menjalankan ketentuan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah dan PP No. 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah, serta Permendagri No. 104 Tahun 2018 yang berkaitan dengan Penilaian dan Pemberian Penghargaan dan/atau Insentif Inovasi Daerah. Dalam ketentuan-ketentuan tersebut dijelaskan bahwa Pemerintah Daerah harus melakukan inovasi dalam penyelenggaraan pemerintahan. Kemudian, Pemerintah Pusat akan melakukan penilaian dan pemberian penghargaan terhadap inovasi yang telah dilakukan pemerintah daerah.

Dalam sambutannya, Mendagri Tito Karnavian mengapresiasi pemerintah daerah yang telah berinovasi dalam menjalankan tugasnya. Ia mengatakan, hasil pengukuran Indeks Inovasi Daerah harus disampaikan kepada masyarakat. Supaya masyarakat mengetahui daerah mana saja yang nilai indeksnya tertinggi, begitu juga sebaliknya. Dengan cara ini, daerah yang masih tertinggal skor indeksnya, bakal lebih terpacu untuk berbenah.

“Dengan kewenangan yang lebih besar, diharapkan kepala daerah dapat menggali potensi daerah masing masing supaya memiliki kemampuan untuk mensejahterakan rakyatnya,” Kegiatan tahunan ini, merupakan bentuk penilaian dan apresiasi pemerintah pusat terhadap semangat dan keberhasilan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah dengan cara-cara inovatif.

Penilaian inovasi daerah dan pemberian penghargaan IGA ini dilakukan melalui empat tahapan, yakni tahapan penjaringan, tahapan pengukuran, tahapan penilaian, validasi lapangan, hingga penetapan dan pemberian penghargaan.

PEWARTA: DW SURYA

0 Comments: