Headlines
Loading...
Pelaksanaan Deklarasi Damai Pelantikan Calon Kades Terpilih di Kecamatan Klabang Bondowoso

Pelaksanaan Deklarasi Damai Pelantikan Calon Kades Terpilih di Kecamatan Klabang Bondowoso

BONDOWOSO, Zonapostindonesia.com - Kabupaten Bondowoso tuntas menggelar Pilkades serentak di 171 desa pada 15 November 2021 lalu.

Para kades terpilih rencananya akan dilantik secara daring pada 16 Desember 2021 mendatang.

Dari ratusan desa tersebut, ada beberapa desa yang sebelumnya masuk zona merah. Salah satunya Desa Blimbing, Kecamatan Klabang.

Sebanyak 11 desa di Kecamatan Klabang pada Senin, (13/12/2021) pun menandatangani deklarasi damai dan sepakat pada beberapa hal.

Kapolsek Klabang AKP Akhmad Purwanto mengatakan, kegiatan itu digelar di pendopo kantor kecamatan klabang dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

“Muspika menyampaikan penekanan terhadap para calon kades terpilih untuk bersama -sama menjaga kondusifitas wilayah,” ungkapnya

Beberapa kesepakatannya yakni tidak mengadakan kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan pada saat sebelum pelaksanaan dan termasuk sesudah pelantikan calon kades terpilih.

“Muspika menekankan kepada para calon kades terpilih untuk tidak melakukan giat yang cenderung memancing emosi dari calon kades yang tidak terpilih, termasuk pendukungnya sehingga diharapkan kondusifitas wilayah tetap terjaga,” paparnya.

Kemudian, Muspika melarang terhadap calon kades terpilih dan pendukungnya termasuk warganya untuk menyalakan petasan dan kembang api.

“Adapun calon kades terpilih yang akan melaksanakan giat tasyakuran ataupun Open House agar tetap menjaga dan menerapkan prokes, serta mengarahkan timses atau panitia di lokasi untuk menertibkan tamu dan atau massa yang datang,” bebernya.

Yang terakhir adalah dalam pelantikan calon kades terpilih yang dilaksanakan secara virtual untuk nihil pendukung, pengiring, ataupun konvoi, serta arak-arakan.

“Tujuannya agar tidak menimbulkan ketersinggungan kepada calon kades yang tidak terpilih dan pendukungnya,” ucapnya.

Ia mengakui dari belasan desa di Kecamatan Klabang, ada beberapa desa yang masuk zona merah kala itu yang rawan gesekan antar pendukung.

“Salah satunya Desa Blimbing. Tapi saat pelaksanaan bisa diantisipasi dan penyelenggaraan Pilkades lalu berjalan kondusif dan aman terkendali,” ungkap Kapolsek Klabang. 

Edo Rangga, (Humas Polres Bondowoso)



0 Comments: