Headlines
Loading...
MTs Mambaul Ulum Sulek, Isi Waktu Akhir Pekan Dengan Melakukan Ziarah di Petilasan Bujuk Lanceng Gunung Tongghu BONDOWOSO, Zonapostindonesia.com - Dalam rangka mengisi waktu akhir pekan, MTs Mambaul Ulum Sulek berziarah ke Petilasan Bujuk Lanceng yang berada di Gunung Tongghu, yang terletak di tengah-tengah 3 desa yakni, Desa Sulek, Trotosari, Pecalongan, dan 2 kecamatan yakni, Sukosari dan Tlogosari, Kabupaten Bondowoso. Sabtu, (04/12/2021). Siswa yang mengikuti ziarah terdiri dari perwakilan kelas 7, 8 dan 9 yang didampingi langsung oleh Guru Penjaskes, Iwan S. Pd.  Tujuan diadakannya ziarah adalah untuk mengenalkan sejarah mengenai kearifan lokal serta mengajarkan siswa belajar di luar kelas untuk mendapatkan inovasi dan pengalaman baru.  "Karena gunung ini juga disebut Gunung Niat, menurut kepercayaan warga sekitar segala apapun hajat kita dan kita pergi kesana, Insyaallah niat kita terkabulkan. Saya juga mengajak siswa untuk berdoa bersama demi diri sendiri dan sekolah" kata Iwan, Guru MTs Mambaul Ulum.  Sekilas tentang Gunung Niat, terdapat 2 kuburan dan petilasan  yang saat ini tetap dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun masyarakat luar, bahkan pernah dikunjungi oleh orang Madura, Banyuwangi, Jember, Probolinggo, Jawa Tengah, dan warga Bondowoso. "Kabarnya dulu ada salah satu orang Desa Trotosari sapinya sakit, kemudian berniat jika sapinya sembuh maka akan di bawa ke atas gunung, ternyata sembuh beneran. Setelah sembuh masyarakat membawa sapinya ke atas gunung lalu melaksanakan selamatan atas rasa syukur mereka kepada Allah Swt," Paparnya.  Iwan berharap dibalik cerita itu menjadi acuan masyarakat agar sadar dan peduli terhadap tempat petilasan dan kuburan itu. "Apapun yang sekiranya bisa membuat manfaat bagi banyak orang," Tegasnya.  Selain itu, Kepala MTs Mambaul Ulum, Nur Laila Santi, S. Pd., sangat mengapresiasi kegiatan ziarah ke Gunung Niat. Dirinya juga berharap lembaga bisa memberikan contoh dalam menjaga nilai kearifan lokal.  "Semoga apa yang menjadi hajat siswa terkabulkan dan keinginan sekolah MTs Mambaul Ulum Sulek  menjadi sekolah yang lebih maju lagi" Imbuhnya. PEWARTA: IMRON RASYIDI #Bondowoso #Ziarah #Petilasan #AkhirPekan

MTs Mambaul Ulum Sulek, Isi Waktu Akhir Pekan Dengan Melakukan Ziarah di Petilasan Bujuk Lanceng Gunung Tongghu BONDOWOSO, Zonapostindonesia.com - Dalam rangka mengisi waktu akhir pekan, MTs Mambaul Ulum Sulek berziarah ke Petilasan Bujuk Lanceng yang berada di Gunung Tongghu, yang terletak di tengah-tengah 3 desa yakni, Desa Sulek, Trotosari, Pecalongan, dan 2 kecamatan yakni, Sukosari dan Tlogosari, Kabupaten Bondowoso. Sabtu, (04/12/2021). Siswa yang mengikuti ziarah terdiri dari perwakilan kelas 7, 8 dan 9 yang didampingi langsung oleh Guru Penjaskes, Iwan S. Pd. Tujuan diadakannya ziarah adalah untuk mengenalkan sejarah mengenai kearifan lokal serta mengajarkan siswa belajar di luar kelas untuk mendapatkan inovasi dan pengalaman baru. "Karena gunung ini juga disebut Gunung Niat, menurut kepercayaan warga sekitar segala apapun hajat kita dan kita pergi kesana, Insyaallah niat kita terkabulkan. Saya juga mengajak siswa untuk berdoa bersama demi diri sendiri dan sekolah" kata Iwan, Guru MTs Mambaul Ulum. Sekilas tentang Gunung Niat, terdapat 2 kuburan dan petilasan yang saat ini tetap dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun masyarakat luar, bahkan pernah dikunjungi oleh orang Madura, Banyuwangi, Jember, Probolinggo, Jawa Tengah, dan warga Bondowoso. "Kabarnya dulu ada salah satu orang Desa Trotosari sapinya sakit, kemudian berniat jika sapinya sembuh maka akan di bawa ke atas gunung, ternyata sembuh beneran. Setelah sembuh masyarakat membawa sapinya ke atas gunung lalu melaksanakan selamatan atas rasa syukur mereka kepada Allah Swt," Paparnya. Iwan berharap dibalik cerita itu menjadi acuan masyarakat agar sadar dan peduli terhadap tempat petilasan dan kuburan itu. "Apapun yang sekiranya bisa membuat manfaat bagi banyak orang," Tegasnya. Selain itu, Kepala MTs Mambaul Ulum, Nur Laila Santi, S. Pd., sangat mengapresiasi kegiatan ziarah ke Gunung Niat. Dirinya juga berharap lembaga bisa memberikan contoh dalam menjaga nilai kearifan lokal. "Semoga apa yang menjadi hajat siswa terkabulkan dan keinginan sekolah MTs Mambaul Ulum Sulek menjadi sekolah yang lebih maju lagi" Imbuhnya. PEWARTA: IMRON RASYIDI #Bondowoso #Ziarah #Petilasan #AkhirPekan

BONDOWOSO, Zonapostindonesia.com - Dalam rangka mengisi waktu akhir pekan, MTs Mambaul Ulum Sulek berziarah ke Petilasan Bujuk Lanceng yang berada di Gunung Tongghu, yang terletak di tengah-tengah 3 desa yakni, Desa Sulek, Trotosari, Pecalongan, dan 2 kecamatan yakni, Sukosari dan Tlogosari, Kabupaten Bondowoso. Sabtu, (04/12/2021).

Siswa yang mengikuti ziarah terdiri dari perwakilan kelas 7, 8 dan 9 yang didampingi langsung oleh Guru Penjaskes, Iwan S. Pd.

Tujuan diadakannya ziarah adalah untuk mengenalkan sejarah mengenai kearifan lokal serta mengajarkan siswa belajar di luar kelas untuk mendapatkan inovasi dan pengalaman baru.

"Karena gunung ini juga disebut Gunung Niat, menurut kepercayaan warga sekitar segala apapun hajat kita dan kita pergi kesana, Insyaallah niat kita terkabulkan. Saya juga mengajak siswa untuk berdoa bersama demi diri sendiri dan sekolah" kata Iwan, Guru MTs Mambaul Ulum.

Sekilas tentang Gunung Niat, terdapat 2 kuburan dan petilasan  yang saat ini tetap dikunjungi oleh masyarakat sekitar maupun masyarakat luar, bahkan pernah dikunjungi oleh orang Madura, Banyuwangi, Jember, Probolinggo, Jawa Tengah, dan warga Bondowoso.

"Kabarnya dulu ada salah satu orang Desa Trotosari sapinya sakit, kemudian berniat jika sapinya sembuh maka akan di bawa ke atas gunung, ternyata sembuh beneran. Setelah sembuh masyarakat membawa sapinya ke atas gunung lalu melaksanakan selamatan atas rasa syukur mereka kepada Allah Swt," Paparnya.

Iwan berharap dibalik cerita itu menjadi acuan masyarakat agar sadar dan peduli terhadap tempat petilasan dan kuburan itu.

"Apapun yang sekiranya bisa membuat manfaat bagi banyak orang," Tegasnya.

Selain itu, Kepala MTs Mambaul Ulum, Nur Laila Santi, S. Pd., sangat mengapresiasi kegiatan ziarah ke Gunung Niat. Dirinya juga berharap lembaga bisa memberikan contoh dalam menjaga nilai kearifan lokal.

"Semoga apa yang menjadi hajat siswa terkabulkan dan keinginan sekolah MTs Mambaul Ulum Sulek  menjadi sekolah yang lebih maju lagi" Imbuhnya.

PEWARTA: IMRON RASYIDI
#Bondowoso #Ziarah #Petilasan #AkhirPekan

0 Comments: