Headlines
Loading...
Ketua Forikan Jawa Timur Arumi Bachsin, Lakukan Kegiatan Pelestarian Ekosistem Laut Teritorial

Ketua Forikan Jawa Timur Arumi Bachsin, Lakukan Kegiatan Pelestarian Ekosistem Laut Teritorial

SITUBONDO, Zonapostindonesia.com - Untuk memperingati Hari Ikan Nasional 2021, Ketua Forikan Jawa Timur Arumi Bachsin bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Dr. Ir. Dyah Wahyu Ermawati, MA serta didampingi oleh Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo Sopan Efendi, S.STP., M.Si., melaksanakan kegiatan Pelestarian Ekosistem Laut Teritorial Provinsi Jawa Timur di Pantai Pasir Putih Kabupaten Situbondo, Kamis, (09/12/2021).

Ketua Forikan Jawa Timur menyampaikan bahwa dirinya bersama Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jatim pada acara pelestarian ekosistem laut teritorial provinsi Jawa Timur, yaitu dengan melakukan penebaran benih ikan kerapu macan dan transplantasi terumbu karang secara underwater restocking.

Tujuan adanya penebaran benih ikan kerapu macan adalah untuk menambah populasinya dan transplantasi terumbu karang agar dapat melestarikan ekosistem laut dan baik untuk habitat ikan.

"Diharapkan adanya terumbu karang dapat memudahkan nelayan untuk memancing ikan dan sebagai penanda kondisi laut bersih atau tidaknya. Karena kalau terumbu karangnya dapat tumbuh berkembang tandanya kondisi laut bersih dan sehat. Kemudian sebaliknya apabila terumbu karangnya mati berarti menandakan kondisi ekosistem lautnya sudah tidak bagus," terangnya

Lebih lanjut, Arumi Bachsin menyampaikan bahwa Kabupaten Situbondo memiliki panjang laut 150 Kilometer dan potensinya luar biasa, berupa potensi pangan maupun potensi pariwisatanya.

"Perlu diketahui untuk transplantasi terumbu karang areanya buatan dan jumlah benih ikan kerapu macan yang ditebar sebanyak 15 ribu ekor. Mudah-mudahan adanya kegiatan ini dapat membuat ekosistem lautnya lebih bagus lagi dan populasi ikannya bertambah guna meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya para nelayan Kabupaten Situbondo," harapnya.

PEWARTA: SIGIT PRAMONO
#Situbondo #Forikan #ArumiBachsin #PelestarianEkosistemLautTeritorial

0 Comments: