Headlines
Loading...
Jelang Nataru, Polres Batu Gelar Apel Operasi Lilin Semeru 2021

Jelang Nataru, Polres Batu Gelar Apel Operasi Lilin Semeru 2021

BATU MALANG, Zonapostindonesia.com - Wakil Wali Kota bersama Forkopimda Kota Batu mengikuti Apel Gelar Pasukan "Operasi Lilin Semeru 2021” di Alun-alun Kota Batu, yang digelar oleh Polres Batu, Kamis (23/12/2021). Apel Gelar Pasukan ini bertujuan untuk memastikan kesiapsiagaan para personil, perlengkapan, sekaligus memberikan rasa aman pada masyarakat menjelang peringatan Natal dan Tahun Baru 2022.

Operasi Lilin Semeru 2021 diselenggarakan secara serentak seluruh Indonesia mulai Jumat (24/12/2021) hingga Sabtu (2/1/2022). Operasi ini melibatkan Satpol PP, TNI AD/AL, BPBD, Dinas Kesehatan, Dishub, Basarnas, Perhutani, BKSDA, PMI dan PMK. Adapun tempat yang menjadi obyek pengamanan adalah obyek-obyek vital seperti gereja, pusat perbelanjaan, jalur yang rawan macet seperti jalur ke tempat wisata, terminal, stasiun dan bandara.

Bertindak sebagai pimpinan apel, Kapolres Batu AKBP I Nyoman Yogi Hermawan, membacakan amanat tertulis dari Kapolri. Menurut Kapolri, Operasi Lilin 2021 ini adalah operasi terpusat dan serentak di seluruh jajaran Polri. Mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

"Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi Lilin 2021, dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022. Baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya," ucap Kapolres Batu dalam sambutannya.

Kapolres mengatakan, perayaan Natal dan Tahun Baru yang oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, biasanya akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian. Hal ini tentu sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin 2021 selama 10 hari, mulai 24 Desember 2021 sampai 2 Januari 2022.                 

Dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional, tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman," lanjut Kapolres.

Adapun beberapa penekanan Kapolri adalah

1. Siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, niatkan setiap pelaksanaan tugas sebagai ibadah kepada Tuhan YME.
2. Lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, sebagai langkah antisipasi sedini mungkin untuk mencegah aksi yang meresahkan masyarakat.
3. Tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas yang memanfaatkan momentum Natal 2021 dan perayaan tahun baru 2022.
4. Laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system.
5. Laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis, terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas.
6. Mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi.
7. Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19.

"Semoga Pandemi Covid-19 segera berlalu," pungkas Yogi.

PEWARTA: SUGENG RAKINO

0 Comments: