Headlines
Loading...
Hadiri Pengukuhan Pambimaya, Wakil Bupati Malang; Semoga Bisa Berkarya dan Budaya Bisa Bangkit Untuk Malang Raya

Hadiri Pengukuhan Pambimaya, Wakil Bupati Malang; Semoga Bisa Berkarya dan Budaya Bisa Bangkit Untuk Malang Raya

KEPANJEN MALANG, Zonapostindonesia.com - Wakil Bupati Malang Drs.H.Didik Gatot Subroto didampingi Kabag Kesra Trilambang Santoso menghadiri Pengukuhan dan Serah Terima Legalitas Paguyuban Pambiwara Malang Raya (Pambimaya).

Pambiwara sendiri merupakan organisasi yang berisi pelaku budaya khususnya budaya jawa yang memiliki peran penting untuk menjaga tradisi dan budaya jawa yang sangat kental. Acara yang digelar di Pendopo Agung Kabupaten Malang pada Kamis (10/12/2021) siang.

Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Paguyuban Prambiwara Malang Raya  KRT Parno Wibagsa, Ketua FKPP Prov. Jawa Timur Teguh Purwoko dan Sesepuh Budaya Malang Raya Ki Djati Kusumo.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, Wakil Bupati Malang Drs.H.Didik Gatot Subroto mengucapkan Selamat dan Sukses atas dikukuhkannya Paguyuban Pambiwara Malang Raya yang sekaligus juga telah diberikan legalitas yang sah akan eksistensi paguyuban ini.

”Mudah-mudahan pasca kegiatan ini, Paguyuban Pambiwara Malang Raya dapat semakin menunjukkan dan membuktikan determinasinya untuk melanjutkan tongkat estafet dalam melestarikan dan memajukan kebudayaan daerah, utamanya kepada generasi muda yang saat ini tengah melewati ombak besar disrupsi teknologi dan informasi yang berpotensi melunturkan nilai-nilai sosial budaya yang selama ini kita pegang teguh,” ujar Wakil Bupati Malang.

Pada momentum yang baik ini, kembali Wakil Bupati Malang menegaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Malang berkomitmen untuk senantiasa memberikan ruang dan dukungan terhadap seniman dan budayawan di Kabupaten Malang. Tentu harapannya agar seni dan budaya dapat tumbuh secara subur serta lestari di Kabupaten Malang dengan segala keanekaragaman budaya yang dimiliki.

Salah satu bentuk nyata dukungan terhadap seniman dan budayawan adalah dengan memberikan ruang bagi beragam komunitas seni dan budaya untuk terus eksis dan turut andil dalam memajukan daerah melalui berbagai macam kegiatan yang dilaksanakannya dalam upaya melestarikan seni dan budaya daerah. Kelestarian seni dan budaya daerah perlu untuk senantiasa kita jaga dan pelihara, karena dengan keberadaan seni dan budaya daerah kita dapat merasakan keluhuran warisan nenek moyang yang penuh dengan nilai-nilai filosofis.

Keberagaman seni dan budaya juga merupakan salah satu potensi yang perlu kita sadari dan kembangkan. Dimana apabila keberagaman tersebut dikelola dengan baik maka dapat menjadi magnet untuk menarik para wisatawan, sekaligus menjadi modal dalam upaya mempercepat akselerasi pembangunan dan pemulihan ekonomi daerah akibat pandemi Covid-19.

Meski demikian Pandemi covid-19 menyebabkan segala bentuk kegiatan Pambimaya menjadi sedikit terhambat. Namun kata Wakil Bupati ada kabar gembira bahwasanya Kabupaten Malang akan segera menyusul Kota Malang dan Kota Batu menuju Level 1,”Hanya tinggal 0,01% untuk menuju level 1, artinya 2 hari kedepan Kabupaten Malang bisa setara dengan Kota, sama-sama pada level 1. Dengan harapan HARPI (Himpunan Ahli Rias Pengantin) bisa berkarya kembali, dan Budaya segera bangkit untuk Malang Raya,” harap Wakil Bupati Malang.

PEWARTA: DW SURYA

0 Comments: