Headlines
Loading...
Dinas Perikanan Situbondo Gandeng BPN, Lakukan Penyerahan Program SeHat

Dinas Perikanan Situbondo Gandeng BPN, Lakukan Penyerahan Program SeHat

SITUBONDO, Zonapostindonesia.com - Dalam kesempatan kali ini, Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo menggandeng BPN (Badan Pertanahan Nasional) melaksanakan penyerahan program Sertifikat Hak Atas Tanah (SeHat) Tahun 2021 kepada 100 nelayan di Kecamatan Jangkar, yang bertempat di pendopo kecamatan setempat, Kamis (16/12/2021).

Acara tersebut dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Kabupaten Situbondo Ibu Hj. Khoirani, S.Pd.,M.H, Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo Bpk Sopan Efendi, S.STP.,M.Si., Kasi Peningkatan Kapasitas dan Pendampingan Dinas Perikanan Situbondo Mohammad Zaini, SP.,M.MA., Camat Jangkar Hariyus, S.KSS., Kepala BPN Situbondo, Kepala Desa Agel, Kepala Desa Gadingan, para nelayan calon penerima program SeHat serta para tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, Wakil Bupati menjelaskan sektor kelautan dan perikanan di Kabupaten Situbondo berpotensi menjadi penggerak perekonomian daerah, karena memiliki panjang pantai yang besar.

Namun potensi tersebut belum sepenuhnya dapat dimanfaatkan secara optimal, sehingga Dinas Perikanan terus berupaya dengan menyelenggarakan kegiatan pemberdayaan nelayan, yaitu seperti membantu memberikan fasilitas akses permodalan guna memenuhi kebutuhan hidup bersama keluarganya dan dapat meringankan beban nelayan untuk meminimalisir resiko usaha.

"Terkait adanya program SeHat diharapkan terjadinya proses pemberdayaan nelayan dalam pengelolaan sumber daya perikanan secara lestari, yang pada akhirnya dapat menurunkan angka kemiskinan dan meningkatan kesejahteraan nelayan," harapnya.

Kepala Dinas Perikanan Situbondo menyampaikan tujuan diadakan pemberdayaan nelayan yaitu untuk memberikan informasi dan pemahaman kepada nelayan tentang manfaat yang diperoleh dari program SeHat, lalu yang kedua memberikan saran dan pendampingan untuk mendapatkan akses permodalan guna peningkatan kapasitas usaha serta kesejahteraan keluarga.

Saat ini ada 100 sertifikat hak atas tanah yang dibagikan, yaitu kepada 55 nelayan warga Desa Agel dan 45 nelayan warga Desa Gadingan Kecamatan Jangkar. Perlu diketahui, sertifikat nelayan yang sudah terbit sejak Tahun 2016 sampai 2021 di Kabupaten Situbondo total sebanyak 550 bidang tanah.

"Tadi pihak perbankan sudah sosialiasi terkait akses permodalan, sehingga kami berharap sertifikat ini dapat  dipergunakan sebaik-baiknya dan jangan diarahkan kepada kegiatan yang konsumtif. Jadi kalau sudah dapat sertifikat dan apabila diagunkan ke Bank agar difungsikan untuk pengembangan usaha agar dapat meningkatkan pendapatan ekonomi," ungkapnya.

PEWARTA: SIGIT PRAMONO
#Situbondo # BadanPertanahanNasional #SeHat #Usaha #Ekonomi

0 Comments: