Headlines
Loading...
Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo, Gelar Program Kampanye Gemarikan

Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo, Gelar Program Kampanye Gemarikan

 


SITUBONDO, Zonapostindonesia.com - Dalam upaya meningkatkan konsumsi ikan di tengah masyarakat, Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo kembali mengadakan program kampanye gerakan memasyarakatkan makan ikan (Gemarikan) yang bertempat di Pendopo Kecamatan Jangkar, Selasa (07/12/2021).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Situbondo, Sopan Efendi, S.STP., M.Si., menerangkan bahwa dengan adanya program kampanye Gemarikan bertujuan untuk menggerakan masyarakat Situbondo, khususnya bagi ibu dan balita agar gemar mengkonsumsi ikan secara rutin.

Sebab ikan memiliki kandungan gizi dan protein yang cukup tinggi untuk menguatkan imunitas tubuh, dan juga baik untuk pertumbuhan anak dan dapat meningkatkan kecerdasan otak. Bagi ibu hamil disarankan mengkonsumsi ikan untuk asupan janinnya agar bayi yang dilahirkan tumbuh sehat dan tidak mengalami stunting.

"Alasan lokasi penempatan kegiatan kampanye gemar ikan di Kecamatan Jangkar karena angka stuntingnya masih lumayan tinggi. Jadi program ini tidak hanya dilakukan oleh Dinas Perikanan saja tetapi juga dapat dilaksanakan oleh seluruh lintas sektor, sehingga semua program bisa disinergikan jadi satu untuk mengatasi stunting yang ada di Kabupaten Situbondo," ujarnya.

Peserta kampanye Gemarikan adalah ibu-ibu yang memiliki balita, kemudian yang mendata para peserta adalah bidan desa, serta dibantu oleh teman-teman Fes. Jumlah pesertanya ada 150 orang dan mendapatkan bantuan paket olahan produk olahan hasil perikanan dan ikan segar dalam box styrofoam.

Sementara itu, Camat Jangkar, Hariyus, SKSS., S.STP mengucapkan banyak terima-kasih kepada Dinas Perikanan yang telah mengadakan kegiatan kampanye gemar ikan di wilayah kerjanya, karena dapat mengurangi angka stunting. Diharapkan tahun depan ditambah lagi titik lokasi kegiatannya, sebab Kecamatan Jangkar luas wilayahnya.

"Rencana kedepannya PKK Kecamatan Jangkar juga akan mengadakan kegiatan lomba produk olahan ikan, yaitu tujuannya para peserta yang diikuti ibu-ibu PKK di desa Kecamatan Jangkar bisa terus berkreasi," ucapnya.

PEWARTA: SIGIT PRAMONO
#Situbondo #DinasPerikanan #Gemarikan

0 Comments: