Headlines
Loading...
Desa Tamansuruh Kecamatan Glagah Banyuwangi Jawa Timur, Raih Penghargaan Desa Cantik BPS 2021

Desa Tamansuruh Kecamatan Glagah Banyuwangi Jawa Timur, Raih Penghargaan Desa Cantik BPS 2021

BANYUWANGI, Zonapostindonesia.com - Satu lagi desa di kabupaten Banyuwangi meraih penghargaan tingkat nasional. Kali ini adalah desa Tamansuruh kecamatan Glagah  meraih penghargaan dari Badan Pusat Statistik (BPS) sebagai Desa Cinta statistik (Desa Cantik) Tahun 2021.

Penghargaan diserahkan secara simbolis oleh kepala BPS Margo Yuwono kepada Kepala desa Tamansuruh Teguh Eko Rahadi. Turut hadir dalam acara penganugerahan tersebut Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional (Menteri PPN/BAPPENAS). Rabu, (08/12/2021).

Program desa cantik merupakan program BPS untuk membina, membangun dan meningkatkan kompetensi aparatur desa agar mampu memahami tentang statistik.

"Penghargaan ini adalah hasil kerja keras semua pihak di desa Tamansuruh dan ucapan terima kasih saya sampaikan kepada BPS Banyuwangi yang selama ini mendampingi kami. Semoga dengan penghargaan ini, desa Tamansuruh bisa lebih baik lagi dalam melayani masyarakat warga desa Tamansuruh" ucap teguh Eko Rahadi.

Pak Teguh juga menjelaskan desa Tamansuruh memiliki program Mondoliko smart, Terampil dan Ramah (Monstera) yaitu sebuah program inovasi pengumpulan data melalui sensus di tingkat dusun, dengan program itu kami berupaya desa tamansuruh bisa mengeliat maju.

"Kami harap dengan monstera ini  desa Tamansuruh bisa maju dan bergerak beriringan dengan akselarasi pembangunan berbasis data terkini dan berkualitas.” imbuh teguh.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani kagum atas pencapaian prestasi yang didapat desa Tamansuruh dan mengapresiasi atas kemandirian desa desa di banyuwangi. Prestasi yang didapat desa Tamansuruh semakin menambah deretan desa-desa di Banyuwangi yang berhasil meraih penghargaan tingkat nasional.

"Ini yang menjadi motivasi kami dalam berinovasi mendorong pembangunan sampai ke desa desa,” jelas bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani.

Sementara kepala Badan Pusat Statistik (BPS) kabupaten Banyuwangi Tri Erwandi mengatakan penghargaan itu pantas diterima desa Tamansuruh lantaran telah mampu menerapkan data statistik dengan baik sebagai dasar pembangunan desa.

Misalnya desa Tamansuruh sudah melakukan intervensi di sektor pendidikan, kesehatan hingga pelayanan publik. Semua by data yang dikumpulkan melalui sensus, sehingga pelaksanaan program tepat sasaran. Hal itulah yang mendasari kami mengusulkan desa Tamansuruh masuk dalam daftar desa penerima penghargaan Desa Cantik 2021.

“Kepedulian dan literasi kepala desa Tamansuruh terhadap data sudah cukup baik, ini dasar desa tamansuruh masuk daftar penilaian tim penghargaan desa cantik BPS 2021.” pungkas Tri Erwandi.

Rofi'i, (Humas Pemkab Banyuwangi).
#Banyuwangi #Tamansuruh #DesaCantik

0 Comments: