Headlines
Loading...
Bupati Malang Tinjau Daerah Terdampak Erupsi Gunung Semeru, Serahkan Bantuan

Bupati Malang Tinjau Daerah Terdampak Erupsi Gunung Semeru, Serahkan Bantuan

LUMAJANG - MALANG, Zonapostindonesia.com - Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M. M., serahkan bantuan langsung untuk Korban Erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang yang diterima langsung secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang, Drs. Agus Triyono, M. Si., di Kantor Kecamatan Pronojiwo, Minggu (12/12/2021) siang.

Turut hadir Dandim 0818 Malang-Batu, Letkol Inf. Yusub Dody Sandra S.I.P., M.I. Pol, yang sekaligus menjadi Kepala Pelaksana Penanggulangan Bencana Erupsi Gunung Semeru, Kapolres Malang AKBP Raden Bagoes Wibisono Handoyo, Koesoemah,S.I.K.,M,Si,. Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, perwakilan KORPRI Kabupaten Malang, dan sejumlah Perangkat Daerah, serta kalangan pengusaha di Kabupaten Malang.

Bupati Malang menyampaikan bahwa hari ini bantuan yang diberikan meliputi bantuan material yang nantinya digunakan untuk mempersiapkan perumahan. Uang tunai sebesar 50 juta rupiah dari KORPRI Kabupaten Malang. Pakan ternak dan 400 nasi kotak dari Pemerintah Kabupaten Malang. Air minum dari Perumda Tirta Kanjuruhan serta uang tunai 50 juta rupiah dari pengusaha Bagong.

Bantuan ini nantinya akan di distribusikan melalui arahan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Lumajang dan Kepala Pelaksana Dandim 0818 Malang-Batu yang akan dibagikan kepada para peternak dan warga terdampak erupsi lain yang membutuhkan.

Tidak Lupa Bupati Malang mengatakan bahwa Pemerintah Kabupaten Malang akan selalu siap membantu apabila kekurangan personil di lapangan.

“Selama dibutuhkan kami akan membantu, selama masih dibutuhkan kami tetap akan bantu di sini, bantuan personil tetap jika dari satgas sudah merasa cukup maka bantuan personil nantinya akan kami tarik kembali, disisi lain kita telah mendukung dua dapur umum yang dalam hal ini juga dibantu oleh BPBD, Tagana dan PMI,” jelas Bupati Malang.

Meneruskan penjelasannya, Bupati Malang menyampaikan bahwa pengungsi yang saat ini ada di Kabupaten Malang ada sekitar 150 orang pengungsi yang berasal dari Kabupaten Malang,

“Pengungsi yang tinggal di rumah sanak saudara di Kabupaten Malang nanti akan kami data dulu dan akan di berikan bantuan sembako serta tidak lupa akan dilakukan pemeriksaan kesehatan dari puskesmas setempat,” ujar Bupati Malang.                               

Usai penyerahan bantuan, Bupati Malang melanjutkan kunjungannya dengan meninjau langsung ke daerah terdampak erupsi Gunung Semeru. Bupati Malang mengatakan bahwa wilayah Kabupaten Malang yang berbatasan langsung dengan Gunung Semeru ialah Kecamatan Poncokusumo, Wajak, Turen, Dampit, Tirtoyudo dan Ampelgading.

“Menurut saya pembangunan tanggul ini lebih baik diteruskan yang nantinya warga setempat akan terlindungi sehingga ketika ada lahar dari erupsi Gunung Semeru tidak akan mengarah ke penduduk setempat, Sehingga jika nanti ada susulan, aliran laharnya langsung menuju ke sungai di gladak perak.” pungkas Bupati Malang.

PEWARTA: DW SURYA
#KepanjenMalang #Lumajang #BupatiMalang #SerahkanBantuan #ErupsiGunungSemeru

0 Comments: