Headlines
Loading...
Bupati Malang Membuka Secara Langsung Pembinaan Pengelolaan Keuangan Desa Tahun Anggaran 2022

Bupati Malang Membuka Secara Langsung Pembinaan Pengelolaan Keuangan Desa Tahun Anggaran 2022

MALANG, Zonapostindonesia.com - Bupati Malang Drs. H.M Sanusi, M.M,  meminta kepada seluruh Kepala Desa se Kabupaten Malang untuk tertib dalam mengelola anggaran desa sesuai dengan prosedur yang berlaku. Hal ini disampaikan oleh Bupati Malang Drs.H.M Sanusi, M.M, ketika membuka acara Pembinaan Pengelolaan Keuangan Desa untuk Tahun Anggaran 2022.

Acara yang diselenggarakan di Pendopo Agung Kabupaten Malang ini dihadiri oleh Kapolres Malang AKBP Bagoes Wibisono,Jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Malang,Para pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Malang, Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Malang.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, menyambut baik pelaksanaan kegiatan ini juga  menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak sehingga kegiatan ini dapat terselenggara, diharapkan melalui penyelenggaraan Pembinaan Pengelolaan Keuangan Desa Tahun Anggaran 2022, dapat membuat pembangunan khususnya di kawasan perdesaan Kabupaten Malang semakin berkembang pesat sekaligus dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat secara signifikan.

“Kegiatan ini untuk memahami proses perencanaan sebelum pencairan dana kegiatan. Jangan sampai ada masalah ke depan karena kita sebagai pengelola anggaran selalu menjadi fokus perhatian terutama oleh masyarakat umum” jelas Bupati Malang.

Melalui kegiatan ini Bupati Malang berharap terwujud sinergitas para pembina keuangan desa baik di tingkat provinsi, kabupaten dan kecamatan,serta desa sebagai pelaksana penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan, pembinaan kemasyarakatan dan pemberdayaan masyarakat. Termasuk persamaan persepsi terkait peraturan perundang-undangan terkait yang baru.

”Tujuan terbitnya beberapa peraturan dimaksud, tentu agar pengelolaan keuangan desa dilakukan secara transparan, akuntabel, partisipatif, tertib, disiplin, efektif dan efisien. Sehingga dengan terbitnya peraturan yang menjadi dasar hukum pelaksanaan pengelolaan keuangan desa ter-update,”  papar Bupati Malang.

Lebih lanjut, dalam pengelolaan keuangan desa, Pemerintah Desa nantinya secara bertahap juga akan mendapatkan dukungan dalam bentuk Dana Desa (DD) dan Alokasi Dana Desa (ADD).

”Saya berpesan, mengingat nominal DD dan ADD yang besar, dan pengawasan penggunaannya yang ketat, maka para Kepala Desa harus benar-benar memahami aturan pengelolaan DD dan ADD. Pergunakan DD dan ADD tersebut dengan maksimal, karena dengan pengelolaan yang optimal, DD dan ADD diharapkan dapat memberikan manfaat signifikan bagi Pemerintah dan masyarakat desa. perlu diingat pula, bahwa DD dan ADD bukanlah dana untuk Kepala Desa, tetapi dana untuk pembangunan Desa,” ujar Bupati Malang dalam arahannya.

Pada kesempatan ini Bupati Malang berharap kepada para Camat dan Kepala Desa untuk dapat mendengarkan serta memberikan saran dan masukan yang lebih tepat tentang pengelolaan dana desa, karena Pemerintah Kabupaten Malang saat ini semakin tegas dalam mengawal dan mengawasi yang berkaitan dengan dana desa ini, agar kedepannya tidak ada celah lagi untuk melakukan penyimpangan dalam pengelolaan dana desa.

Selain itu, perlu dicermati pula oleh seluruh penyelenggara Pemerintah Desa agar pengelolaan keuangan desa juga dapat diarahkan secara tepat sehingga mampu menerjemahkan RPJMD Kabupaten Malang Tahun 2021-2026 ke dalam kebijakan, program dan kegiatan yang ada di wilayahnya masing-masing.

“Untuk mendukung Visi pembangunan Kabupaten Malang lima tahun ke depan yaitu terwujudnya Kabupaten Malang yang Bersatu, Berdaulat, Mandiri, Sejahtera dan Berkepribadian dengan Semangat Gotong Royong berdasarkan Pancasila dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia yang Bhinneka Tunggal Ika.” pungkasnya.

PEWARTA: DW SURYA

0 Comments: