Headlines
Loading...
Bupati Malang Buka Rakor dan Evaluasi Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3)

Bupati Malang Buka Rakor dan Evaluasi Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3)

KEPANJEN MALANG, Zonapostindonesia.com -Bupati Malang, Drs. H.M. Sanusi, MM, membuka acara acara Rapat Koordinasi dan Evaluasi Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida (KP3) Kabupaten Malang Tahun 2021 yang bertempat di Hotel Ijen Suites Resort & Convention, Senin (6/12) siang. Pada kesempatan ini Bupati Malang didampingi oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, dan Forkopimda Kabupaten Malang serta Beberapa Jajaran Perangkat Daerah Kabupaten Malang.

Bupati Malang menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi, atas terselenggaranya kegiatan ini, dimana Rapat Koordinasi dan Evaluasi KP3 Kabupaten Malang tahun ini merupakan bagian dari upaya untuk mewujudkan pelaksanaan distribusi pupuk bersubsidi yang baik dan merata, sehingga pada tahap selanjut nantinya akan mampu mendukung pembangunan bidang pertanian.

Bupati Malang pada sambutannya juga menjelaskan bahwa Penggunaan pupuk bagi sektor pertanian memiliki peranan yang sangat penting, perlu disadari bahwa upaya pengawasan dan pemantauan terhadap peredaran, penyimpanan dan penggunaan pupuk, serta pestisida di kalangan masyarakat, sehingga keberadaan pupuk mampu menunjang kualitas dan kuantitas hasil panen yang optimal.

“Kebijakan Pemerintah terkait subsidi pupuk saat ini diarahkan untuk penerapan pemupukan berimbang oleh petani, yang tujuan akhirnya adalah untuk meningkatkan produktivitas dan produksi pertanian dalam rangka meningkatkan ketahanan pangan nasional, karena pupuk bersubsidi termasuk kategori barang dalam pengawasan, maka penyaluran pupuk bersubsidi harus sesuai peruntukkannya,” jelas Bupati Malang.                 

Untuk pengawasan terhadap peredaran, penyimpanan dan penggunaan pupuk, Pemerintah Kabupaten Malang membentuk Komisi Pengawasan Pupuk Pestisida Kabupaten Malang. Komisi tersebut secara berkala melakukan monitoring dan evaluasi ke gudang-gudang penyimpanan milik distributor maupun penyalur pupuk yang merupakan media pendistribusian pupuk kepada para petani dan masyarakat.

“saya sampaikan bahwa jumlah alokasi pupuk bersubsidi untuk Kabupaten Malang Tahun Anggaran 2021 mengalami kenaikan yang cukup signifikan dibandingkan dengan Tahun   Anggaran 2020” pungkas Bupati Malang

Disamping itu Bupati Malang juga menilai bahwa forum rapat koordinasi ini adalah wadah yang tepat untuk menemukan bagaimana solusi atas berbagai permasalahan yang ada dan sebagai sarana evaluasi mengenai pengelolaan pupuk bersubsidi di Kabupaten Malang agar penyalurannya ke depan lebih efektif dan efisien.

Terakhir, Bupati Malang berharap kepada seluruh stakeholder agar kegiatan Rapat Koordinasi dan Evaluasi KP3 Kabupaten Malang Tahun 2021 dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. “Mari kita bersama-sama melaksanakan tata niaga pupuk yang baik dan menggunakan pupuk secara tepat, serta terukur sehingga terwujud pertanian yang tangguh untuk pemantapan ketahanan pangan, dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Malang,” harap Bupati Malang.

Disamping itu, laporan dari Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Dr. Ir. Wahyu Hidayat, MM, menjelaskan bahwa Pemerintah Kabupaten Malang dalam hal pengawasan peredaran pupuk dan pestisida telah membentuk Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida Kabupaten Malang dengan Keputusan Bupati Malang Nomor: 188.45/687/KEP/35.07.013/2021 tentang Komisi Pengawasan Pupuk dan Pestisida Kabupaten Malang.

Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini untuk mengevaluasi proses distribusi pupuk bersubsidi dan kartu tani selama Tahun 2021, Untuk mengidentifikasi dan mencari solusi terkait kendala-kendala yang muncul di lapangan yang berhubungan dengan pendistribusian pupuk bersubsidi dan kartu tani.

Narasumber dalam kegiatan Evaluasi ini berasal dari Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan Kabupaten Malang, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Malang, Kepala Satuan Reserse Polres Malang, Kejaksaan Negeri Kabupaten Malang dan PT. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk, Kantor Cabang Brawijaya.                          

Di akhir laporannya, Sekda Kabupaten Malang berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat semakin meningkatkan sinergitas antar stakeholders, utamanya Perangkat Daerah terkait, Produsen, Distributor, Penyalur, Gapoktan/Poktan dan Petugas Lapangan, yang perlu dikoordinasikan secara terus menerus dengan difasilitasi oleh Bagian Administrasi Sumber Daya Alam Setda, sehingga penyaluran pupuk bersubsidi di Kabupaten Malang dapat terlaksana dengan lebih efektif dan efisien serta tepat guna.

PEWARTA: DW SURYA
#Kepanjen #Malang #Rakor #Evaluasi #KomisiPengawasanPupukdanPestisida #KP3 

0 Comments: