Headlines
Loading...
Buka Musda V DMI, Bupati Malang Berikan Sejumlah Atensi

Buka Musda V DMI, Bupati Malang Berikan Sejumlah Atensi

KEPANJEN MALANG, Zonapostindonesia.com - Bupati Malang, Drs. H. M. Sanusi, M.M membuka Musyawarah Daerah (Musda V) Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Malang di Hotel Balava (Ascent Premiere) Malang. Kamis, (09/12/2021) pagi.

Atas nama Pemerintah Kabupaten Malang, Bupati Malang menyampaikan selamat dan sukses atas terlaksananya Musda V DMI Kabupaten Malang. Bupati Malang juga berharap kegiatan ini berjalan lancar dan apa yang dihasilkan nantinya mampu memberikan kontribusi positif dalam memajukan masyarakat bangsa dan negara.

Dalam arahannya, Bupati Malang memberikan beberapa atensi kepada DMI Kabupaten Malang agar turut mendukung program pembangunan Pemkab Malang. Disebutkan, DMI bersama pengurus masjid harus bisa membawa, mendakwahkan dan memotivasi masyarakat untuk memakmurkan masjid.

Tentunya, dengan cara meramaikan kegiatan keseharian di masjid semisal jamaah sholat berjamaah semakin ramai. Dikatakan Bupati Malang, takmir masjid juga punya kewajiban mengajak masyarakat untuk bayar zakat.

''Masjid juga bisa dipergunakan sebagai tempat mendidik anak anak supaya rajin sholat sehingga masjid tidak hanya tempat ibadah saja melainkan juga tempat pembelajaran bagi anak agar rajin sholat dan bisa membaca Alquran. Untuk hal ini, Dewan Masjid melalui Remaja Masjid bisa ikut menggelorakan semangat itu," pesan Bupati Malang di acara yang juga dihadiri diantaranya Ketua DMI Kabupaten Malang, Pengurus DMI Jawa Timur, Ketua Baznas Kabupaten Malang, dan para peserta Musda.

Tak ketinggalan, DMI juga mengingatkan para pengurus takmir masjid untuk menggelorakan kegiatan memanjatkan doa kepada Allah SWT. Selain itu, terkait permohonan bantuan kepada Pemkab Malang untuk keperluan program pembinaan dan pendidikan agama kepada anak-anak di masjid melalui remaja masjid, disarankan Bupati Malang agar bisa direncanakan dalam APBD. Hanya saja, hal ini akan terlebih dahulu diajukan melalui DPRD Kabupaten Malang.

''Rencana kegiatan seperti pembelajaran baca Al-Qur’an dan tata cara sholat serta mendidik anak-anak untuk bertaqwa kepada Allah Swt. tentu bagus sekali. Dewan Masjid dan Remaja Masjid juga bisa mengembangkan programnya dengan bergerak untuk menjadi millenial enterprenuer seperti yang menjadi arahan Menteri BUMN kepada para santri saat datang meresmikan Peternakan Digital ke Kabupaten Malang, beberapa waktu lalu," jelas Bupati Malang.

Di akhir kegiatan, Bupati Malang juga menyerahkan Piagam Penghargaan kepada sejumlah pemenang event Masjid Terbaik dalam Musabaqoh Masjid Award 2021 Kerjasama LTM NU DMII Kabupaten Malang.

Terinci untuk Kategori Masjid Besar meliputi Terbaik I : Masjid Besar Sabilit Taqwa Bululawang, Terbaik II : Masjid Besar Gondanglegi, Terbaik III : Masjid Besar Baiturohim Kalipare. Sedangkan Kategori Masjid Jami meliputi Terbaik I : Masjid Jami Baitul Muhsinin Jeru Turen, Terbaik II : Masjid Jami Al Hasyim Blayu Wajak, Terbaik III : Masjid Jami As Sajidin Kebonsari Tumpang.

PEWARTA: DW SURYA

0 Comments: