Headlines
Loading...
Sempat Terhenti Karena Pandemi Covid 19, Kini Event Bersepeda Di Banyuwangi Kembali Dibuka

Sempat Terhenti Karena Pandemi Covid 19, Kini Event Bersepeda Di Banyuwangi Kembali Dibuka

BANYUWANGI - Kabar gembira bagi pehobi sepeda di Banyuwangi dan luar daerah Banyuwangi. Pemerintah Kabupaten Banyuwangi akan segera menggelar kembali event-event bersepeda yang sempat terhenti karena pandemi Covid 19. Senin, (01/11/2021)

Kabupaten Banyuwangi dikenal sebagai surganya pehobi sepeda dari berbagai daerah di Indonesia bahkan manca negara. Spot-spot indah sepanjang rute bersepeda terhampar di sisi kanan kiri jalan. Tahun depan akan banyak event-event bersepeda di gelar di Kabupaten Banyuwangi. Event bersepeda yang memanjakan pehobi sepeda akan dikemas dalam bentuk beda tapi tetap bertema sport tourism.

Selain itu, Banyuwangi juga memiliki sirkuit BMX berstandar Union Cycle International (UCI). Sirkuit ini dikenal memiliki medan track yang luar biasa sulit dan sirkuit BMX Muncar ini juga menjadi Pusat Latihan Nasional (Pelatnas) atlet sepeda Indonesia.

Sedangkan bagi pehobi sepeda gunung (MTB), Banyuwangi memiliki Track Downhill di Gantasan Bike Park yang terletak di kaki gunung ijen. Bagi yang suka dengan medan menanjak, bisa mencoba rute ke Paltuding Gunung Ijen dan yang suka dengan medan datar, bisa berburu spot di rute datar pantai boom dan masih banyak lagi spot-spot menarik lainnya yang bisa didatangi.

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani mengatakan akan menghidupkan kembali event-event olahraga yang sempat tertunda karena pandemi covid 19 di tahun depan. Kemasanya akan dibuat beda dan juga akan dilengkapi dengan atraksi-atraksi yang menarik.

Seiring PPKM Banyuwangi berada di level 2 maka event-event bersepeda akan kembali digelar di penghujung tahun 2021 ini, diawali dengan Banyuwangi Ijen Geopark Downhill 2021 di Gantasan. Ada 200 peserta dari seluruh daerah di Indonesia yang menyatakan siap hadir di venue yang terletak di kaki gunung Ijen itu. Pada gelaran bersepeda tersebut, prokes ketat diterapkan dan harus dipatuhi bagi semua peserta.

Banyuwangi akan menggelar event-event bersepeda itu tetap dengan kemasan sport tourism dan akan memperbanyak event bersepeda yang memanjakan komunitas sepeda. Event itu akan dimasukkan pada kalender Banyuwangi festival 2022, yang akan diumumkan pada akhir tahun ini atau awal tahun 2022.

“Saat ini olah raga bersepeda sudah banyak digemari orang, dengan banyak munculnya komunitas sepeda membuktikan pehobi sepeda makin banyak. Tahun 2022 akan banyak event-event bersepeda digelar di Banyuwangi.” jelas Ipuk Fiestiandani Bupati Banyuwangi.

Pewarta Rofi'i, (Sumber: Humas Pemkab Banyuwangi)

0 Comments: